4 Peralatan yang Digunakan untuk Membersihkan Sepatu Kulit

Bismillahirrahmanirrahim,

Peralatan yang kita gunakan untuk membersihkan sepatu kulit akan memberikan pengaruh pada ketahanan sepatu kulit tersebut. Termasuk jika kita menggunakan sepatu obermain maka memerlukan ketelitian dalam membersihkannya. Sepatu menjadi sebuah kebutuhan yang paling utama untuk bisa berangkat bekerja. Berikut ini peralatan yang sebaiknya digunakan.

4 Peralatan yang Digunakan untuk Membersihkan Sepatu Kulit

1. Sikat yang Lembut

Sepatu kulit memiliki bahan yang akan sensitif jika kita menggunakan sikat yang kasar karena akan membentuk goresan-goresan. Kita harus menggunakan sikat yang lembut yaitu sikat khusus sepatu untuk membersihkannya. Jangan menggunakan sikat baju yang cenderung lebih kasar karena dapat merusak sepatu kulit kita.

2. Sabun Khusus Bahan Kulit

Saat membersihkan sepatu obermain dengan menggunakan sabun sebaiknya kita menggunakan sabun khusus. Kita bisa menjadikan pilihan menggunakan sabun mandi yang lebih lembut dari pada sabun cuci. Pastikan pula air yang digunakan adalah air yang bersih. Jangan menggunakan sabun yang berlebihan karena akan membuat sepatu kulit mudah rusak.

3. Kain Lap yang Lembut

Kitakan membutuhkan kain lap untuk mengelap sepatu yang telah dicuci sebab menjemur sepatu kulit terlalu lama tidak baik. Kita harus menggunakan kain lap yang lembut seperti handuk. Jangan menggunakan sembarangan kain lap karena akan membuat sepatu kulit Kita menjadi berkabut. Kita harus menggunakan kain lap yang menyerap agar sepatu cepat kering.

4. Semir Sepatu         

Semir sepatu yang digunakan untuk sepatu kulit juga tidak boleh sembarangan. Kita harus menggunakan semir sepatu dengan warna yang sama dengan warna sepatu kulit Anda untuk menjaga ketahanan warna pada sepatu kulit. Kita juga harus memastikan bahwa semir sepatu tersebut memiliki kualitas yang terjamin karena jika tidak akan membuat sepatu mudah rusak.

Cara membersihkan sepatu dengan peralatan yang tepat merupakan salah satu upaya dalam memberikan perawatan pada sepatu. Langkah ini akan membuat sepatu obermain yang Kita miliki nantinya akan memiliki daya tahan yang lama sehingga kitaa tidak perlu sering-sering membeli sepatu. Kita harus membersihkan sepatu paling tidak 3 bulan sekali agar tidak bau.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *