Menelisik Manfaat Besar dari Kimchi Korea untuk Kesehatan Tubuh

Bismillahirohmanirohim,

Mungkin salah satu dari kalian ada yang menjadi penggemar fanatik Korea entah itu film, boyband atau girlband, atau sering berbelanja pada toko online  mengenai aksesoris Korea, atau lainnya? Jika kalian termasuk dalam golongan fans berat Korea tentu tidak asing dengan makanan khas mereka yang disebut dengan Kimchi korea. Itu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari beberapa sayuran seperti lobak, mentimun, kubis, sawi putih dan lain sebagainya. Untuk rasanya sendiri seperti halnya perpaduan dari asin, asam dan juga pedas. Kalau di Indonesia mungkin jenis makanan tersebut lebih dikenal dengan sebutan acar.

 Menurut salah satu majalah kesehatan dunia, makanan tradisional dari Korea tersebut merupakan golongan makanan tersehat di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya tragedi penyebaran wabah penyakit pada penduduk Asia pada tahun 2003. Tetapi sebagian besar penduduk Korea aman dari penyakit mematikan tersebut, kalaupun ada tetapi penyembuhannya lebih cepat dari pada masyarakat lainnya. Hal tersebut muncul dugaan bahwa makanan tersebut memang berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh, hal tersebut juga telah disetujui oleh beberapa para ahli kesehatan.

 Penasaran manfaat besar seperti apa yang didapatkan dari jenis makanan yang terbuat dari berbagai jenis sayuran tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menambah selera makan.

Sebagian masyarakat Korea menyebutkan bahwa makanan yang terbuat dari perpaduan berbagai macam sayuran tersebut merupakan makanan pembuka. Jika orang barat menyebutnya dengan salad dan dapat menambah selera makan orang yang menikmatinya.

2. Menjaga kesehatan pencernaan.

Karena terbuat dari makanan jadi tidak heran makanan khas Korea tersebut mengandung banyak serat tinggi. Secara langsung hal itu akan membantu menyehatkan pencernaan Anda, selain itu juga rendah kalori dan cocok untuk Anda yang sedang melakukan program diet.

3. Menurunkan tekanan darah.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh seseorang, hal tersebut dikarenakan Kimchi menggunakan kubis dan juga bawang putih. Seperti yang diketahui bahwa kedua bahan tersebut dapat berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam darah agar tetap rendah.

4. Antioksidan tinggi.

Kemudian juga bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai pengaruh radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan berbagai jenis sayuran atau bahan dalam makanan tersebut mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu adanya jahe, merica dan lainnya membantu menjaga kondisi tetap hangat dan mencegah virus flu masuk lalu menyerang tubuh.

5. Meminimalisir kanker.

Selanjutnya dipercaya juga bisa melawan adanya penyakit kanker pada tubuh, seperti yang dikatakan diatas bahwa pada makanan korea tersebut mengandung antioksidan dan juga flavonoid yang memerangi adanya kanker.

 Sebagian manfaat diatas hanyalah gambaran mengenai jenis makanan tradisional orang Korea yang dapat membantu menyehatkan tubuh dan juga badan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengikuti kebiasaan makan jenis makanan sehat orang Korea tersebut. Selain hanya mengikuti fashion, budaya ataupun kebiasaan kalian juga bisa mendapatkan keuntungan kesehatan yang bertambah karena rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat orang Korea.

 Jika mengingat banyak kandungan gizi, vitamin dan nutrisi baik dalam makanan dari sayuran tersebut bukan berarti kalian harus mengkonsumsinya setiap hari. Karena bukan hal yang tidak mungkin kesehatan akan terganggu akibat kelebihan mengkonsumsi Kimchi korea. Itulah beberapa manfaat dari makanan tradisional masyarakat Korea, jika memang Anda menyukai bisa menirukan untuk mengkonsumsi makanan sama. Jadi bukan hanya fashion Korea saja yang pantas diikuti, pola hidup dengan makanan sehat juga perlu dipelajari.

assalamu alaikum,

dian ravi

DianRavi

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. Di drama Korea sering melihat mereka makan kimchi sama ramyeon. Sepertinya enak sekali. Di supermarket biasanya ada yang jual kemasan gitu ya, Mbak. Tapi belum pernah nyoba juga sama kimchi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *