Mengulas Perbedaan Susu Pasteurisasi, Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis

Bismillahirrahmanirrahim,

Jika menyebutkan jenis minuman sehat, maka susu akan selalu menjadi jawaban yang paling banyak disebutkan. Susu sapi adalah jenis susu yang paling banyak digunakan selain susu ibu tentunya. Susu sapi sendiri menjadi pilihan pengganti susu ibu saat anak sudah menginjak usia 5 tahunan. Selain untuk anak-anak, susu juga baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa karena memiliki nilai gizi tinggi. Untuk memudahkan Anda mengkonsumsinya, ada banyak jenis olahan susu yang dipasarkan ke masyarakat. Beberapa diantaranya adalah susu pasteurisasi, susu evaporasi dan susu kental manis.

Susu pasteurisasi atau biasa disebut sebagai susu cair biasa adalah susu yang sudah mengalami pemanasan tinggi selama 15 detik hingga 30 menit tergantung suhu yang digunakan. Pemanasan ini berfungsi untuk mematikan kuman penyebab penyakit namun bukan membunuh bakteri yang baik untuk pencernaan. Proses pembuatan susu pasteurisasi ini mirip dengan susu UHT yang dipanaskan dengan suhu sangat tinggi untuk membunuh semua jenis kuman dan bakteri. Susu UHT sering disebut sebagai susu steril tanpa ada kontaminasi kuman atau bakteri di dalamnya. Sedangkan susu pasteurisasi lebih mirip dengan susu segar namun tanpa kuman penyebab penyakit.

Lalu ada lagi jenis susu evaporasi, susu ini juga mengalami pemanasan namun selain bertujuan untuk membunuh kuman juga untuk mengurangi kadar airnya. Evaporasi membuat kadar air susu berkurang hingga 60%nya dan mendapatkan cairan yang lebih kental. Tanpa penambahan apapun susu ini kemudian dikemas dalam kemasan kaleng. Beberapa hasil evaporasi diberi tambahan gula untuk membantu membunuh kuman dan sekaligus memberi rasa manis. Susu kental dengan penambahan gula inilah yang disebut sebagai susu kental manis.

Itulah perbedaan dari beberapa olahan susu antara lain susu pasteurisasi, susu evaporasi,dan susu kental manis. Ingin tahu harga susu evaporasi dan mana yang terbaik untuk Anda, cobalah semuanya dengan memesannya di Tokowahab.com. Tokowahab.com menyediakan berbagai jenis olahan susu termasuk ketiga jenis di atas yang bisa Anda gunakan untuk membuat makanan maupun minuman. Selain susu cair dan kental, Tokowahab.com juga menyediakan olahan susu lainnya seperti keju dan yogurt.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

2 Comments

  1. Nah ini teh, aku suka minum susu langsung dari kotak hehe, karena ada manis-manisnya gitu. Mau jenis susu apapun tetap saya minum 😀

    Jangan lup ke pontianak lagi teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *