Menikmati Indahnya Sunrise di Danau Toba dari Taman Simalem Resort


Assalamu’alaikum semuanya,

Foto source: Traveloka

Mau cerita sedikit soal impian aku dan suami ya. Ketika awal-awal mulai suka meninggalkan jejak dengan mengunjungi tempat-tempat wisata  yang ada di dalam negeri, suamiku menceritakan sebuah mimpi terpendamnya, “Suatu saat nanti aku ingin mengunjungi Sumatra utara.” Aku tak heran sih mendengar mimpi itu mengingat Sumatra Utara memiliki banyak keindahan alamnya, Sebut saja Danau Toba, sebuah danau tektonik dengan ukuran 100 km x 30 km yang merupakan danau terbesar bukan cuma di Indonesia, bahkan juga di Asia Tenggara. Teringat masa kecilku sendiri, aku beruntung pernah diajak mamaku mengunjungi Danau Toba. Masih terekam dalam ingatanku ketika aku menceburkan diri ke dalam Danau Toba. Airnya yang jernih terasa segar ketika menyentuh permukaan kulitku. Ah rasanya aku pun ingin bisa kembali lagi mengunjungi Danau Toba, menikmati pemandangan birunya air yang dikelilingi hijaunya pegunungan. Diam-diam aku pun meng-aamiin-kan mimpi suamiku sambil mencari-cari informasi wisata Sumatra Utara yang terbaru. Dari pencarian itu, aku menemukan bahwa untuk menikmati Danau Toba tidak melulu harus langsung di pinggir danau.

Terletak di perbukitan barat laut Danau Toba, Taman Simalem Resot menjadi salah satu objek wisata yang termegah di kawasan Bukit Sidakalang provinsi Sumatra Utara. Butuh waktu sekitar 3-4 jam dari Kota Medan untuk mencapai tempat ini, atau sekitar 45 menit dari Brastagi. Jika ingin  mengunjungi tempat ini ada baiknya mencari informasi mengenai kabut asap terlebih dahulu ya, mengingat saat musim kemarau tiba, kebakaran hutan sering terjadi di Kalimantan dan Sumatra. Juga pastikan keaktifan Gunung Sinabung, karena khawatir abu vulkanik dari letusan gunung pun akan sampai ke Danau Toba. Ah, mari berdoa sejenak agar Gunung Sinabung bisa berhenti dari batuk-batuknya, dan kebakaran hutan yang kerap kali terjadi pun tidak akan terulang lagi.

Sesuai namanya Simalem yang dalam bahasa Batak Karo berarti sejuk dan nyaman, resort ini menawarkan hunian dengan udara yang sejuk dan memanjakan tamu dengan kenyaman dari fasilitas yang diberikannya. Berada di ketinggian 1500 dpl, jelas tempat ini memiliki keunggulan dalam memberikan pemandangan yang sangat strategis untuk menikmati Danau Toba dari atas. Kalau menginap di sini, pastikan untuk memilih kamar yang menghadap Danau Toba. Bangun sepagi mungkin untuk menyaksikan matahari terbit. Pasti pengalaman yang rasanya luar biasa.

Foto source: Traveloka

Foto source: Traveloka

Foto source: Traveloka

Dengan luas lebih dari 200 ha, Taman Simalem Resort menawarkan  paket wisata yang “serba ada” dan terasa mewah, mulai dari lapangan golf, air terjun, kolam pancing, trekking forest, arena outbond, kebun bunga dan tanaman organik, fountain of wealth, amphitheater, dan masih banyak lagi. Mau foto-foto cantik untuk ditampilkan di media sosial, dijamin di tempat ini sepertinya ga akan kehabisan sudut untuk diabadikan.

Foto source: Traveloka

Beristirahat di penginapan ini sepertinya akan benar-benar bisa merasakan “menyatu dengan alam”. Taman Simalem Resort ini berada di  kawasan hutan, yang artinya udara sejuk, bebas polusi, dengan bonus pemandangan alam yang indah. Ah, tempat ini mungkin bisa diibaratkan seperti surga mengingat aku terbiasa di ibukota dengan tingkat polusi yang tinggi.

Harga yang ditawarkan untuk  menginap satu malam di Taman Simalem Resort  mulai dari RP 2.000.000 dengan aneka pilihan kamar menghadap ke hutan, air terjun, ataupun danau. Terkesan mahal mungkin, tapi mengingat segala fasilitas dan pemandangan yang diberikannya rasanya harga itu cukup sepadan. Apalagi aku terbisa memesan kamar dari Traveloka. Harga yang diberikan biasanya lebih murah. Aku mencoba untuk melihat harga di bulan Sepetember, harga yang muncul mulai dari Rp 1.400.000. Traveloka memang benar-benar harus menjadi pilihan saat ingin melakukan perjalanan. Dan yang paling aku suka lagi, harga yang terteras selalu harga total tanpa ada tambahan apa pun. Yuk pesan sekarang!

Aku mau menabung lebih giat ah, agar bisa segera mewujudkan impian ke Sumatra Utara. Tentu saja  Taman Simalem Resort ini kini menjadi bagian dari list yang ingin aku datangi. Kalian berminat juga?

Taman Simalam Resort

Km 9, Jl Raya Merek – Sidikalang, Sumatra Utara, Indonesia

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

7 Comments

  1. Having read this I thought it was very informative. I appreciate you taking the time and energy to put
    this informative article together. I once again find myself
    personally spending a lot of time both reading and leaving
    comments. But so what, it was still worth it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *