Pengertian dan Fungsi Google Search Console

bismillahirrahmanirrahim,

Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Google Webmaster Tools berganti nama menjadi Google Search Console (GSC). Lalu apa nih pengertian Google Search Console? GSC itu merupakan salah satu layanan gratis milik Google yang ditunjukan untuk para webmaster (pemilik website atau blog). Layanan tentunya ini dapat membantu webmaster yang menginginkan website-nya teroptimasi serta mempunyai struktur yang sesuai dengan batasan-batasan dan rekomendasi pada search engine Google (terutama dari bagian on-page).

Google Search Console banyak digunakan para praktisi SEO untuk mengoptimasi website milik mereka ataupun website milik klien. Mulai dari mengidentifikasi pada halaman-halaman duplikat, halaman-halaman yang tidak ditemukan atau error (404), melihat status indeks serta sampai dengan menganalisis CTR (click through rate) di halaman pencarian. Google Search Console juga bisa mendeteksi apakah websitemu sudah menggunakan SSL atau belum dan juga AMP website sudah dioptimasi atau belum.

Untuk kalian yang fokus pada bidang SEO, ini merupakan salah satu tool wajib supaya website-website yang dikelola, senantiasa sesuai dengan aturan-aturan atau guidelines Google.

Mengenal 8 Menu Utama di Google Search Console

Google Search Console memiliki banyak fitur yang bisa kita gunakan. Fitur – fitur tersebut ada yang sangat penting, ada juga yang kurang penting. Namun yang harus kita pahami adalah fitur-fitur tersebut adalah fitur yang paling baik yang dikembangkan oleh Google untuk pengelolaan SEO website kita. Di sebelah kiri halaman (sidebar), ada 8 menu utama yang dapat diexplore, yaitu:

  1. Dasbor (Dashboard)
  2. Pesan (Messages)
  3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)
  4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)
  5. Google Indeks (Google Index)
  6. Perayapan (Crawl)
  7. Masalah Keamanan (Security Issues)
  8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Kita bahas yuk ke-8 menu tersebut berserta fungsi-fungsinya.

1. Dasbor (Dashboard)

Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Di menu dasbor, kalian dapat melihat ikhtisar (rangkuman) dari statistik website. Statistik yang muncul disini ada 3 jenis, biasanya 3 statistik tersebut adalah “Kesalahan Perayapan”, “Telusuri Analytics” dan “Peta Situs”.

Statistik-statistik diatas nantinya juga dapat Anda temukan pada masing-masing menu yang berkaitan.

2. Pesan (Messages)

Fitur ini menyediakan layanan berbagai informasi tentang isu-isu penting terkait dengan situs web anda. Biasanya dikirim otomatis dari google jika ditemukan masalah penting dan beberapa perubahan besar untuk blog anda. Seperti perubahan penargetan lokasi blog, ataupun perubahan bahasa yang dipakai, biasanya pemberitahuan tersebut dikirim melalui fitur pesan ini.

3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)

Menu ini berkaitan langsung dengan bagaimana website kalian muncul di halaman pencarian Google. Tampilan Penelusuran Google terdiri dari beberapa sub-menu yaitu mulai dari Data Terstruktur (Structured Data), Kartu Rich (Rich Cards), Penyorot Data (Data Highlighter), Penyempurnaan HTML (HTML Improvements), dan Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages).

4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)

Menu ini hubungannya mulai yang dimulai dari trafik, backlink, internal link dan lainnya. Menu Lalu Lintas Penelusuran memiliki 6 sub-menu yaitu Telusuri Analytics (Search Analytics), Tautan ke Situs Anda (Links to Your Site), Tautan Internal (Internal Links), Tindakan Manual (Manual Actions), Penargetan Internasional (International Targeting) dan Kebergunaan Seluler (Mobile Usability).

Telusuri Analytic

Sub-menu ini merupakan salah satu fitur paling penting yang terdapat pada Google Search Console. Disini Anda dapat melihat data statistik kunjungan (trafik) yang telah masuk ke website, mulai dari data kueri atau kata kunci yang dipakai pengunjung, jumlah klik, rasio klik-tayang (RKT) atau CTR, serta peringkat website Anda pada search engine untuk masing-masing kata kunci yang digunakan pengunjung.

Tautan ke Situs Anda

Sub-menu ini memberitahukan data-data tentang backlink yang telah masuk ke website. Website yang paling banyak memberikan data backlink, halaman pada website kalian yang paling banyak mendapatkan backlink dan banyak anchor text dari data backlink ada disini.

Tautan Internal

Sub-menu ini memberitahukan data internal link (link antar halaman) pada website.

Tindakan Manual

Sebaiknya kalian berharap untuk isi dari sub-menu ini supaya selalu kosong. Karena jika disini terdapat peringatan tindakan manual, berarti artinya website kalian terindikasi sebagai webspam dan anda harus siap ‘bersih-bersih’ supaya terhindar dari penalty.

Penargetan Internasional

Sub-menu ini dipakai untuk menargetkan pengunjung website berdasarkan konfigurasi lokasi dan bahasa. Di sub-menu ini terdapat 2 tab yaitu “Bahasa” dan “Negara”. Pada tab “Bahasa” tidak perlu untuk setting apapun jika website kalian cuma terdiri dari satu bahasa.

Lain halnya jika kalian memiliki web berbahasa Inggris, kemudian mau membuat versi bahasa Indonesia dari website tersebut, contohnya di directory namadomain.com/id. Jika seperti ini, harus memakai tag hreflang=”id” pada bagian header dari namadomain.com/id tersebut. Pada bagian “Negara”, kalian dapat memilih negara sesuai dengan pengunjung website yang mau menjadi target.

Kebergunaan Seluler

Sub-menu ini memberitahukan halaman-halaman di website kalian yang masih belum mobile-friendly dengan disertai permasalahannya.

5. Google Indeks (Google Index)

Google Indeks memberitahukan berbagai jenis data dari hasil crawling dan indexing bot Google pada website. Menu ini mempunyai 4 sub-menu yaitu Status Indeks, Kata Kunci Konten, Sumber Daya yang Diblokir, dan Hapus URL.

Status Indeks (Index Status)

Sub-menu ini memberitahukan jumlah halaman pada website yang sudah terindex Google. Di sini kalian juga bisa melihat jumlah halaman yang dicekal (halaman yang tidak masuk index dikarenakan dibatasi oleh robots.txt).

Kata Kunci Konten (Content Keywords)

Sub-menu ini memberitahukan banyak kata kunci (keywords) yang menurut Google sesuai dengan website kalian. Perlu diingat, ini tidak ada kaitannya dengan ranking pada SERP untuk kata kunci tersebut. Kata kunci konten ini cuma menampilkan keyword yang paling sering muncul pada website kalian ketika Googlebot melakukan crawling serta indexing.

Sumber Daya yang Diblokir (Blocked Resources)

Sub-menu ini memberitahukan resources yang diblokir pada website\(dari robots.tx), seperti CSS, javascript, JQuery, file image dan lainnya. Pastikan bahwa kalian tidak memblokir akses ke berbagai resources pada website Anda melalui robots.txt supaya robot Google dapat dengan mudah melakukan crawling serta indexing.

Hapus URL (Remove URLs)

Sub-menu ini dipakai jika ingin untuk menghapus salah satu halaman pada website dari indeks Google. Jika kalian memiliki halaman yang sepertinya tidak SEO friendly, konten yang seharusnya tidak muncul pada mesin pencari dan sebagainya, bisa menggunakan fitur ini.

Baca Juga : Mempelajari AMP (Accelerated Mobile Pages) Google

6. Perayapan (Crawl)

Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Menu Perayapan memberitahukan segala hal terkait dengan perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google pada website. Menu ini terdiri dari 6 sub-menu, diantaranya Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs, dan Parameter URL.

Kesalahan Perayapan (Crawl Errors)

Sub-menu ini memberitahukan data kesalahan yang terjadi pada website, ketika robot Google melakukan aktivitas perayapan dalam 90 hari terakhir, seperti pada kesalahan DNS, konektivitas server, pengambilan robots.txt, halaman 404, dan lainnya.

Statistik Perayapan (Crawl Stats)

Sub-menu ini memberitahukan statistik perayapan dalam 90 hari terakhir, dimulai dari halaman yang dirayap perhari, lalu data yang diunduh perhari serta waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah halaman.

Ambil sebagai Google (Fetch as Google)

Sub-menu ini berguna untuk mensimulasikan bagaimana cara robot Google (Googlebot) merayapi serta merender (menyajikan dalam bentuk visual) website. Selain itu juga biasa aku pakai untuk SEO agar mempercepat indexing di website DianRavi.

Penguji robots.txt (robots.txt Tester)

Sub-menu ini dipakai untuk menguji apakah file robots.txt pada website sudah benar serta tidak memblokir di halaman/resource yang penting. Jika kalian mau menghalangi Googlebot merayapi salah satu direktori website, bisa mengaturnya melalui robots.txt serta menguji pemblokiran tersebut sudah benar atau belum pada sub-menu ini.

Peta Situs (Sitemaps)

Sub-menu ini dipakai untuk mengirim peta situs (sitemap) supaya Googlebot lebih mudah menemukan halaman-halaman baru pada website.

Parameter URL (URL Parameters)

Gunakan fitur ini hanya jikalau kalian yakin bagaimana cara parameter bekerja. Kesalahan mengecualikan URL bisa menyebabkan banyak laman tidak tampil dalam penelusuran. Aku pun kurang yakin bagaimana cara Parameter URL ini bekerja. Kecuali kalian merupakan seorang yang mengerti tentang bahasa pemrograman, alangkah baiknya jangan mengubah fitur ini.

7. Masalah Keamanan (Security Issues)

Jika ada masalah penting lainnya tentang keamanan di website, biasanya terdapat pemberitahuan di menu ini. Masalah keamanan yang paling sering dijumpai yaitu adanya malware, script-script mencurigakan serta situs yang diretas (hacking).

8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Menu ini menampilkan banyak layanan Google lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengoptimasi website.

Layanan-layanan tersebut antara lain :

  • Alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing Tool)
  • Pemandu Markup Data Terstruktur (Structured Data Markup Helper)
  • Penguji Markup Email (Email Markup Tester)
  • Google Bisnisku (Google My Business)
  • Google Merchant Center
  • PageSpeed Insights
  • Penelusuran Khusus (Custom Search)
  • Google Domain (Google Domains)
  • Akademi Webmaster (Webmaster Academy)

Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Kalian bisa klik langsung untuk tiap-tiap layanan bila ingin menggunakannya.

Itulah fitur-fitur yang ada di halaman sidebar kiri Google Search Console berikut penjelasannya. Jangan lupa, pastikan websitemu dikelola oleh webhosting yang berkualitas dan stabil, agar mesin crawl Google dapat mengidentifikasi dengan lancar.

 

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *