#LebihBaik Sekarang 4 Tips Perencanaan Keuangan THR Bersama Keluarga Surya

Bismillahirrahmanirrahim,

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

Enggak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Bulan puasa sudah memasuki dua per tiga. Kalau sudah menjelang hari raya begini, biasanya suka pada sibuk berbelanja menghabiskan uang THR-nya. Ayo, kalian begitu juga engga? Kalian tipe yang suka menghabiskan THR atau menabung THR?

Menurut Wikipedia, Tunjangan Hari Raya atau biasa lebih sering kita disebut THR, adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan perusahaan kepada karyawannya menjelang hari raya keagamaan. Uang bonus, mungkin begitu gambaran dari THR.

Namanya juga uang bonus, kadang kita lupa untuk melakukan perencanaan keuangan. Seringkali pemikiran yang ada dalam benak kita menganggap THR itu harus dihabiskan. Tapi benarkah begitu?

Belajar Perencanaan Keuangan dari Keluarga Surya

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

Minggu lalu, aku belajar tentang pentingnya perencanaan keuangan dari Keluarga Surya. Eh siapa itu keluarga Surya?

Keluarga Surya adalah web series yang dibuat oleh Sun Life Financial Indonesia. Meski bergenre komedi situasi, tapi Keluarga Surya justru memiliki misi untuk mengedukasi mengenai perencanaan keuangan. Lewat video yang hanya berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, kisah Ayah Surya (Edo Borne), Ibu Mentari (Karina Nadila), Fajar (Bima Azriel), dan Cahaya (Sandrinna Michelle) mengangkat berbagai isu sehari-hari seputar perencanaan keuangan.

Seperti pada episode 1 yang berjudul: THR Habisin atau Tabungin. Lewat judulnya tentu sudah pada bisa menebak sih kisahnya tentang apa. Nonton dulu yuk sebentar.

What do think, guys? Lucu? Menarik? Menghibur? Aku sudah menonton beberapa kali dan selalu dibuat ketawa ngakak. Jadi kalian berada di tipe mana ini? THR untuk dihabiskan atau ditabung? Kalau lihat keluarga Surya sih memang baiknya THR itu jangan dihabiskan ya. THR bukan makanan, tapi THR perlu dilakukan perencanaan keuangan.

#LebihBaik Sekarang bersama Sun Life Financial

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

Bisa mendapatkan pendidikan setinggi mungkin, mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, serta memiliki kemapanan secara finansial tentunya adalah mimpi setiap orang. Tentunya untuk bisa mendapatkan semua itu harus melakukan perencanaan keuangan yang baik. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman tentang penting perencanaan keuangan, terumata terhadap proteksi dan investasi.

Hal ini diperkuat dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017. Indeks literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2016 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi ‘baik’ terhadap industri asuransi relatif rendah.

Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013. Sementara, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei di 2013, 11,81%. Itu berarti, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga keuangan asuransi, dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.

Melihat kondisi inilah PT Sun Life Financial Indonesia berusaha untuk mengedukasi keluarga di Indonesia tetnang pentingnya perencanaan keuangan. Salah satunya melalui kampanye komunukasi #LebihBaik Sekarang yang resmi diluncurkan pada kamis lalu, 31 Mei 2018, di XXI Lounge, Plasa Senayan.

Web series Keluarga Surya tadi merupakan salah satu upaya Sun Life untuk mengedukasi keluarga di Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan. Mengedukasi tanpa harus menggurui.

Harapan kami melalui kampanye #LebihBaik sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series Keluarga Surya, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat.

-Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia

Rencananya Keluarga Surya ini akan tayang sebanyak 8 episode setiap 2 minggu sekali di channel Youtube Sun Life Indonesia. Jangan lupa untuk ditonton ya!

Nanti Bagaimana Bukan Bagaimana Nanti

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

Di acara yang sama hadir pula Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas
Indonesia untuk menjelaskan, “Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan.

Sistem nilai yang dianut seseorang akan menentukan sikan dan perilaku terhadap susuatu, tidak terkecuali dalam perencanaan keuangan. Pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor penting dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang.

Membandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumnya, keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggak untuk berinvestasi jangka panjang. Padahal dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, generasi ini tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa datang.

-Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc

Permasalahan pola pikir “bagaimana nanti” yang membuat masyarakat Indonesia terkesan kurang peduli pada perencanaan keuangan. Seharusnya bukan “bagaimana nanti”, tapi berpikir “nanti bagaimana”, sehingga kita jadi mulai memikirkan perencanaan keuangan.

Tak bisa dipungkiri, aku pun mungkin termasuk dalam tipe yang selama ini lebih senang berpikir dengan “bagaimana nanti”. Merasa belum punya anak, selama ini kalau ada rejeki aku hanya berpikir untuk menabung jangka pendek, tabungan untuk kembali memulai IVF juga buat traveling, biar bisa diakui sebagai travel blogger.

Tapi sepertinya aku harus berubah. Harus mulai melakukan perencanaan keuangan. Bagaimana dengan perencanaan keuangan kalian? Semoga lebih baik dari aku ya.

4 Cara Perencanaan Keuangan THR

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

Balik ke THR sejenak yuk. Barangkali ada yang THR-nya masih utuh, belum dihabiskan untuk belanja, aku mau kasih tips 4 cara perencanaan keuangan THR.

1. Bayar utang

Masih memiliki utang? Yuk lunasi dulu dengan THR. Memiliki utang bukan saja akan memberatkan keuangan kita, tapi juga  bisa memberatkan kita di akhirat.

2. Untuk keperluan hari raya

Namanya juga Tunjangan Hari Raya, sudah tentu penggunaan uang THR diutamakan untuk keperluan hari raya, seperti tiket mudik, pakaian lebaran, parcel, THR asisten rumah tangga, serta zakat dan sedekah. Kita tetap boleh kok berbelanja. Yang penting tidak boros.

3. Tabung

Bang bung yok kita nabung! Iya, jangan lupa untuk menyisihkan uang THR untuk mengisi tabungan. Biar THR enggak langsung habis dalam sekejap.

4. Investasi

Yuk gunakan sisa uang THR untuk keperluan investasi. Agar di masa depan tetap bisa hidup tenang dan mapan. Dengan menggunakan uang THR dalam bentuk investasi, uang THR jadi lebih bermanfaat secara finansial.

Nah itu 4 tips yang untuk perencanaan keuangan THR kalian. Semoga bermanfaat ya. Ingat, #LebihBaik sekarang daripada nanti.

perencanaan keuangan thr #lebihbaik sekarang keluarga surya

photo by Dito

 

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

6 Comments

  1. Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THR itu harus diapakan agar ga menyesal.

  2. Kadang kalau abis dapet THR memang tergoda buat habisin ya mbak, tapi nyeselnya belakangan apalagi kl uangnya buat yg ngak perlu.

  3. Dapat THR memang menggoda… kadang THR blm dapat, tapi udah dialokasikan buat beli apa aja :)))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *