Lifestyle

Rekomendasi Kulkas Terbaik 2023 untuk Melengkapi Rumah

Salah satu barang elektronik yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang terutama bagi yang sudah berkeluarga adalah kulkas atau lemari pendingin. Kulkas menjadi penting sebab berfungsi untuk menjaga berbagai jenis makanan, minuman, sayuran, buah, dan bahan dasar makanan lainnya agar tetap segar.

Di era perkembangan teknologi, berbagai produsen elektronik selalu memproduksi kulkas terbaiknya. Mulai dari model, kapasitas, ukuran, hingga fitur atau fungsi yang ada di kulkas. Jika Anda ingin memiliki kulkas dengan kualitas terbaik, tentu harus merogoh kocek cukup banyak. Tenang saja, Anda bisa membelinya dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit yang terbukti mampu membuat pengeluaran lebih ringan dan hemat.

Jika Anda belum memilikinya, sekarang cara pengajuan kartu kredit sangat mudah dan praktis yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja melalui smartphone. Dengan memiliki kartu kredit Anda bisa membeli jenis kulkas terbaik agar tidak cepat rusak. Sebab jika kulkas rusak, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya, bukan? 

Tips Memilih Kulkas

Karena banyaknya jenis kulkas dari berbagai merek tentunya memiliki keunggulan yang berbeda-beda juga, baik dari ukuran, kapasitas, hingga fitur atau fungsi yang disematkan pada kulkas. Bagi Anda yang kesulitan dalam memilih, simak tips berikut ini agar Anda tidak salah membeli kulkas.

  • Pilih kapasitas kulkas berdasarkan penggunaan

Langkah pertama sebelum Anda membeli kulkas adalah kapasitas kulkas. Kebutuhan kapasitas ini tentu berbeda, tergantung dari berapa banyak penghuni dalam rumah atau juga kebiasaan. Sehingga, fungsi kulkas akan terasa lebih maksimal kegunaannya.

Jika Anda tinggal sendiri, maka cukup membeli kulkas dengan kapasitas 100 liter. Namun, jika Anda jarang memasak di rumah, kulkas dengan kapasitas 45 liter juga tergolong cukup semisal hanya untuk mendinginkan makanan dan minuman.

Beda halnya apabila Anda sudah berkeluarga. Jika penghuni dalam rumah terdiri dari 3 orang atau lebih, maka kapasitas kulkas yang pas yakni mulai dari 300 sampai 500 liter. Anda bisa mempertimbangkan ukuran kecil atau besar berdasarkan penggunaan kulkas nantinya. Semisal hanya untuk menyimpan bahan makanan, kapasitas 300 Liter sudah cukup.

  • Cek ruangan dalam kulkas dan pintunya

Setelah memutuskan kapasitas kulkas, tips selanjutnya yang perlu menjadi pertimbangan adalah memeriksa space untuk tempat kulkas termasuk memperhatikan arah membuka pintu kulkas agar tidak memakan banyak tempat. Selain itu, karena kulkas menghasilkan panas di bagian luar, maka Anda perlu menyediakan celah agar suhu panas tidak tertutup dan tidak menyebabkan kerusakan.

Hal ini juga berkaitan dengan jenis kulkas yang memiliki berbagai jenis pintu, misalnya kulkas yang dibuka ke samping (kanan dan kiri), reversible (bolak balik), side by side, dan multi-door. Disarankan, posisi kulkas memiliki jarak minimal 0,5 – 3 cm di setiap sisi dan 5 – 30 cm di bagian atas agar kulkas bisa menghasilkan panas lebih optimal. Jika uap panas terhambat, maka akan berpengaruh pada kinerja kulkas. 

  • Mengetahui karakteristik tiap merek kulkas

Masing-masing kulkas memiliki karakteristik yang berbeda tergantung merek apa yang Anda beli. Karakteristik yang perlu Anda perhatikan di antaranya kulkas dengan fitur photocatalytic deodorizer yang mampu menyerap bau tidak sedap dalam kulkas. Salah satu merek kulkas yang memiliki fitur ini adalah merek Polytron. 

Selain itu, pilihlah kulkas yang memiliki fitur pendingin yang mampu membuat makan atau minuman tetap segar selama mati listrik atau pada saat kondisi kulkas tidak menyala. Misalnya fitur cool pack yang dimiliki kulkas merek Samsung, kulkas yang memiliki fitur tersebut mampu membuat makanan atau minuman di dalam kulkas tetap segar hingga 12 jam meski kulkas dalam kondisi tidak menyala.  

  • Cek ketersediaan fitur hemat daya

Tips terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemampuan kulkas dalam menghemat energi. Sebagai barang elektronik, kulkas membutuhkan daya cukup besar. Maka dari itu, Anda harus mengetahui seberapa besar kulkas mengkonsumsi listrik. Selain itu, perhatikan juga kulkas yang Anda beli telah memiliki legalitas berupa standar ECS (energy conservation standard). 

Secara umum, kulkas memiliki pemakaian daya listrik sebesar 200 kWh hingga 300 kWh per tahun. Namun, seiring perkembangan teknologi, Anda bisa membeli kulkas yang dibekali teknologi energi saving yang bisa menghemat konsumsi daya listrik lebih hemat. Semakin rendah pemakaian dayanya, maka makin rendah juga biaya yang akan Anda keluarkan. 

Rekomendasi Kulkas Terbaik 2023

Setiap produsen yang memproduksi kulkas tentu mengklaim produknya lebih unggul dari yang lain. Sebab itu, setelah Anda mengetahui cara memilih kulkas terbaik, Anda wajib membaca dengan teliti dari spesifikasi yang disematkan termasuk mengecek kebenaran dari hasil review bagi yang pernah menggunakannya.

Ada beberapa rekomendasi kulkas dengan kualitas bagus, mulai dari kapasitas, ukuran, merek dan juga fitur yang disematkan dalam kulkas. Berikut ulasannya.

  1. Kulkas Shine Magneglas Series (SJ-X165MG-GB/GR)

Kulkas ini hasil produksi dari merek Sharp dengan ukuran sedang. Kelebihan dari kulkas ini adalah karet pintu atau gasket yang bisa Anda cuci. Berkat fitur direct cooling system yang disematkan, kulkas ini mampu membuat proses pendinginan dalam lemari es lebih merata. Selain itu, kulkas ini memiliki tegangan listrik daya rendah. Dan tray kaca pada kulkas mampu menahan beban hingga 100 kg.

  1. Kulkas Dark Graphite Steel (GN-B195SQMT) 

Kulkas dua pintu ini berasal dari merek LG yang sudah dilengkapi moist balance crisper yang bisa menjaga sayur dan buah tetap segar lebih lama. Fitur yang disematkan ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan embun di dalam fresh zone sehingga lebih optimal. Kulkas ini cocok bagi Anda yang hobi masak sayur dan membeli buah-buahan. Kelebihan lainnya adalah kompresor smart inverter penghemat daya dan rak yang kokoh mampu menahan beban hingga 150 kg.

  1. Kulkas New Belleza Inverter (PRS-460B)

Jika Anda mencari kulkas dengan kapasitas besar, kulkas dari merek Polytron ini bisa menjadi pilihan Anda. Terbuat dari tempered glass berbalut warna hitam memberikan kesan elegan. Kelebihan kulkas ini di antaranya terdapat fitur deodorizer berfungsi untuk mengurangi dan menetralkan bau dalam kulkas. Selain itu, terdapat fitur door open alarm yang akan berbunyi jika Anda tidak menutup rapat kulkas.

  1. Kulkas     1 Pintu Mini Bar 50L (CBC-50) 

Apabila Anda mencari kulkas mini, salah satu rekomendasi yang pas untuk Anda adalah lemari es 1 pintu dengan kapasitas 50 liter dari merek Changhong. Kelebihan dari kulkas ini yaitu konsumsi daya yang rendah, sekitar 50 watt. Selain itu, dengan ukurannya yang cukup kecil, Anda akan lebih mudah menempatkan kulkas ini. Sehingga tidak hanya hemat listrik, namun juga hemat tempat.

  1. Kulkas InstaView Door in Door (GC-X257CQES)

Rekomendasi lemari es yang terakhir adalah kulkas dari merek LG. Kulkas ini hadir dengan teknologi InstaView Door, fitur ini sama seperti touchscreen. Anda cukup mengetuk dua kali pada pintu kulkas dan secara otomatis kulkas akan menampilkan isi di dalamnya.

Keunggulannya berupa dispenser yang dilengkapi dengan UV Nano berfungsi mensterilkan air dan es yang dihasilkan. Selain itu, lemari es ini terdapat dua box sehingga Anda bisa menyimpan sayur, buah, daging secara terpisah.

Itulah beberapa rekomendasi kulkas dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan barang elektronik di rumah Anda. 


PermataShoppingCard untuk Check Out Kulkas Premium

Mengingat kulkas menjadi barang elektronik yang cukup penting ada dalam rumah tangga. Maka, hal penting yang perlu Anda perhatikan selain pemilihan kulkas, juga perlu memperhatikan tentang kondisi keuangan agar tidak sampai membuat finansial bermasalah. Anda bisa memanfaatkan keuntungan kartu kredit.

Rekomendasi yang pas untuk belanja hemat, terutama membeli kulkas dengan kualitas premium adalah Kartu kredit PermataShoppingCard. Produk dari PermataBank ini memberikan berbagai kemudahan serta keuntungan bagi nasabahnya. 

Cara pengajuan kartu kredit PermataShoppingCard sangatlah mudah dan praktis. Cukup melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Ada berbagai promo yang disediakan untuk menunjang belanja Anda lebih hemat, seperti program cashback 5% hingga Rp200 ribu dan diskon di berbagai merchant.

Keuntungan memiliki PermataShoppingCard yang bisa langsung Anda dapatkan, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran satu tahun pertama, bisa diakses lewat smartphone, memiliki fitur contactless card. Informasi keuntungan dan syarat pengajuan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *