Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Unik dan Berbeda

bismillahirrahmanirrahim,

Tanda-tanda awal kehamilan setiap orang memang berbeda-beda. Bagi anda yang merasakan hal-hal yang aneh atau tidak biasa dari tubuh anda. Tidak perlu khawatir ataupun takut, mengingat kehamilan memang akan mempengaruhi secara total baik kebiasaan maupun kondisi tubuh anda.

Hal aneh tersebut bisa juga menjadi tanda-tanda awal kehamilan. Umumnya tanda ini muncul bahkan jika usia kehamilan baru berusia 2 minggu. Hal ini dikarenakan adanya sel telur yang dibuahi sehingga tubuh mulai mengalami perubahan membantu menyesuaikan diri. Meskipun begitu berikut ini beberapa tanda-tanda awal kehamilan tidak pernah bisa ditebak diprediksi sebelumnya,dan menjadi tanda-tanda awal kehamilan yang unik dan berbeda.

1. Tidak Nafsu Makan atau Ngidam

Tanda pertama yang sering kali muncul adalah hilangnya nafsu makan. Sebagian dari anda mungkin merasa tidak nafsu makan, kalaupun mau mengkonsumsi makanan seringkali aneh dan juga jenis makanannya spesifik. Dimanakah tanda hamil anda mungkin mendadak mual tidak menyukai beberapa makanan yang dikonsumsi secara rutin. Sebelum anda hamil, ngidam juga merupakan hal  yang banyak terjadi namun tidak semua wanita mengalami. Hal ini akan gejala kehamilan yang lainnya keinginan makan makanan tertentu dipengaruhi oleh hormon yang muncul akibat adanya si kecil.

2. Pendarahan vagina

Hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah adanya perdarahan pada bagian vagina. Di mana beberapa orang mengalami tanda-tanda awal kehamilan seperti pendarahan pada vagina yang terkena bercak atau darah dari vagina, merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang disebut sebagai pendarahan implantasi. Implantasi ini terjadi ketika telur telah dibuahi kemudian menempel pada dinding rahim kurang lebih 10 hingga 4 hari setelah terjadinya pembuahan umumnya berlangsung singkat dan tidak akan menimbulkan efek samping. Namun pendarahan implantasi bisa jauh lebih ringan daripada situasi bahkan hanya bercak biasa saja.

3. Pusing

Tanda-tanda awal kehamilan selanjutnya yang jarang sekali terjadi ataupun diketahui oleh ibu adalah pusing yang cukup sering, ataupun berlarut-larut. Di mana pusing menyebabkan pembuluhan darah yang melibatkan tekanan darah Anda mulai menurun. Akibatnya ada mungkin akan sering merasa pusing makanan khas beberapa orang ada yang sampai pingsan atau kehilangan kesadaran saat awal-awal kehamilan.

4. Perubahan Hormon

Tanda-tanda awal kehamilan terdeteksi jarang sekali diketahui adalah perubahan hormon yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Maka anda tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan, harus mengkonsultasikannya sejarah dokter hal ini memang seringkali tidak disadari oleh banyak ibu muda dan hanya berpikir bahwa sembelit ataupun masalah yang terjadi pada pencernaan hanya karena salah makan ataupun kondisi yang tidak baik. Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan susah buang air besar dan pencernaan menjadi kacau. Di sisi lain juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal kehamilan yang seringkali terlewatkan.

5. Perubahan Suhu tubuh

Terakhir tanda-tanda awal kehamilan yang jarang diketahui banyak orang adalah suhu tubuh yang mulai meninggi. Suhu tubuh basal tubuh merupakan salah satu hal yang seringkali menjadi tanda bahwa seseorang sedang sakit atau tidak ketika baru bangun di pagi hari. Hal ini dapat memberikan petunjuk awal dari kehamilan, di mana suhu tubuh basal makan sedikit meningkat setelah ovulasi dan menetap pada suhu yang sama jika menstruasi berikutnya. Namun jika anda mengukur suhu basal dan juga cukup tinggi namun anda tidak merasakan demam, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda awal kehamilan dan konsultasi dokter kandungan obat yang sesuai dan aman untuk janin.



dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

One Comment

  1. Terimakasih mbak Dian atas infonya mengenai kehamilan, saya sebagai pria kelak ingin punya calon istri harus tau betul keadaan dan keinginan istri di saat lagi hamil. Sangat bermanfaat infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *