Lifestyle

Tips Kirim Dokumen Penting yang Aman

bismillahirrahmanirrahim,

Teknologi saat ini semakin maju, hal ini bisa terlihat salah satunya dari cara Anda berkirim pesan. Saat ini sudah jarang orang yang berkirim surat melalui pos, umumnya orang akan berkabar melalui email atau pesan chat melalui fitur aplikasi yang ada di smartphone. Begitu juga dengan pengiriman dokumen. Dokumen atau surat-surat resmi yang diperlukan sekarang ini bisa dikirimkan secara online dalam bentuk soft copy.

Meski begitu, ada kalanya dokumen penting atau surat-surat resmi secara fisik diperlukan. Untuk itu Anda masih harus mengirimkan dokumen-dokumen penting tersebut. Dokumen-dokumen penting yang biasanya dikirimkan bisa berupa KTP, BPKB, STNK, KK, Ijazah, Surat Tanah, juga dokumen kerjasama dan lainnya sebagainya.

Mengingat betapa pentingnya dokumen-dokumen tersebut, tak heran bila Anda merasa harus berhati-hati saat mengirimkannya. Nah untuk itu, berikut ini ada tips kirim dokumen yang penting dan aman.

Cara Mengirim Dokumen Penting dan Aman

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengirimkan dokumen penting agar aman. Dari mulai cara mengemas dokumen, cara menulis alamat paket, hingga memilih jasa kurir untuk mengirim paket yang terpercaya. Berikut ini beberapa tipsnya.

Mengemas dokumen

Salah satu yang harus Anda perhatikan saat mengemas dokumen adalah menggunakan bahan packaging yang tidak membuat dokumen rusak. Kemaslah dokumen dengan plastik yang kedap air. Hal ini untuk menjaga dan menjamin agar dokumen tidak rusak bila terkena air. Tidak ada salahnya juga bila Anda mengemas dokumen dengan menggunakan kardus yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk menghindari paket dokumen terselip atau hilang apabila hanya dikemas menggunakan amplop standar yang tipis.

Cara menulis alamat paket

Pastikan Anda menuliskan alamat pengiriman dengan benar. Meskipun biasanya pihak kurir akan menuliskannya kembali di resi, tapi ada baiknya Anda pun menuliskan data penerima dan pengirim dengan benar sesuai dengan kelengkapannya.

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa jasa pengiriman memiliki standar dalam cara menulis alamat paket. Bila Anda mengirimkan paket dokumen menggunakan amplop, perlu diperhatikan tata letak untuk penulisan penerima dan pengirim.

Bagian depan amplop, di kanan bawah adalah tempat untuk menulis tujuan pengiriman. Jangan lupa untuk mencantumkan rt, rw, desa, dan kelurahan. Hal ini untuk menghindari apabila ada alamat yang serupa, sehingga dokumen yang Anda kirim tidak salah alamat. Jangan lupa untuk
mencantumkan kode pos, atau negara tujuan, apabila dokumen tersebut dikirim ke luar negeri.

Sementara di bagian belakang amplop, tepatnya di kiri atas, merupakan tempat untuk menulis data Anda sebagai pengirim. Tulis dengan lengkap nama lengkap, nama jalan, dan nomor kontak yang dihubungi. Pastikan data tersebut sesuai dengan identitas yang masih berlaku.

Mengirim paket dengan kurir

Saat hendak melakukan pengiriman dokumen, periksa kembali apakah alamat yang tertulis sudah benar. Pastikan juga tulisan Anda dapat terbaca dengan jelas oleh petugas jasa pengiriman saat menginput data.

Sebelum mengirim, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu lokasi jasa pengiriman terdekat serta perkiraan biaya pengiriman. Dulu POS Indonesia mendominasi jasa pengiriman surat, dokumen, dan paket. Tapi saat ini sudah banyak jasa pengiriman yang bisa Anda pilih.

Anda bisa melakukan pengiriman dokumen Ninja Xpress. Ninja Xpress menawarkan pilihan all-you-can-fit, dimana berlaku tarif yang sama untuk seluruh Indonesia. Dengan ini bila Anda harus mengirimkan beberapa dokumen ke beberapa wilayah yang berbeda, Anda tidak perlu merasa ribet dengan menghitung tarif yang berbeda-beda.

Anda juga tidak perlu pusing dalam memastikan kemasan paket dokumen Anda aman dengan Ninja Xpress. Anda bisa mengirimkan dokumen cukup dengan amplop biasa, memastikan alamat tujuan serta data pengirim sudah tertera dengan benar, dan pihak jasa pengiriman menyediakan plastik untuk memastikan agar paket dokumen Anda terhindar dari kerusakan karena air.

Pastikan juga Anda menerima kode tracking yang valid saat mengirimkan paket dokumen. Dengan adanya kode tracking Anda bisa terus memantau keberadaan posisi paket yang sedang Anda kirimkan. Anda jadi tidak perlu cemas dan khawatir memastikan apakah paket tersebut sudah sampai atau belum.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda pastikan dalam mengirimkan dokumen penting agar aman. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mengirimkan dokumen penting Anda.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

2 Comments

  1. Mantaap mbaak dian, jd kepikiran uda sampe beluum mbaak yaa suratku dr busan hehehe kayanya uda sebulan lebih apa ya

  2. aku taunya ada expedisi ninja ini waktu harbolnas di salah satu marketplace, baru sekali itu aja dikirimi dari Ninja ini dan berupa paket barang. belum pernah nyoba untuk kirim dari Jember, soalnya spertinya di Jember ga ada si Ninja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *