Hindari Kerugian, Yuk, Intip Tips Sukses dalam Bisnis Food Truck Berikut Ini!

bismillahirrahmanirrahim,

Setiap orang yang memulai sebuah bisnis pasti mengharapkan kesuksesan. Namun, sebagai pebisnis pemula terkadang mengalami banyak penyesuaian dan salah dalam mengambil langkah dan mengatur strategi bisnis. Sehingga bisnisnya itu mengalami kerugian. Berbagai bisnis di bidang kuliner saat ini pun semakin banyak, salah satunya bisnis food truck yang populer. Untuk menjalankannya, kalian juga harus tahu tips sukses dalam bisnis food truck ini.

Bisnis food truck mulai naik daun beberapa tahun lalu karena banyaknya festival makanan yang digelar di beberapa kota-kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, bandung, Surabaya, Medan, dan lain-lain. Dengan tampilannya yang eye-chatching, konsumen mulai tertarik mencoba berbagai menu makanan yang dijual. Karena metode penjualan makanan dengan mobil truk ini berasal dari Barat, maka tak heran juga jika sebagian makanan yang tersaji adalah western food. Sayangnya, bisnis food truck rentan mengalami penurunan jumlah konsumen jika tidak dibarengi dengan strategi yang benar. Berikut beberapa tips sukses dalam bisnis food truck anda.

Aktif Berpartisipasi di Acara Bazar

Bisnis food truck banyak dilirik oleh konsumen lewat berbagai acara bazar atau festival makanan. Ada banyak konsumen yang gemar datang ke acara seperti ini. Dengan keikutsertaan anda dalam bazar dan festival makanan, maka anda bisa meluaskan pengetahuan konsumen terhadap bisnis food truck kalian. Jika semakin banyak orang yang mengetahuinya, maka ini menjadi promosi tidak langsung yang membawa keuntungan. Karena orang akan berpeluang untuk mencoba menu makanan yang tersedia.

Baca juga: 8 Peluang Bisnis Ciamik di Ibu Kota Baru yang Siap Digarap

Ajukan Kerjasama dengan Pihak Lain

Selain mengikuti bazar dan festival makanan, tips sukses dalam bisnis food truck lainnya adalah dengan mengajukan kerjasama. Bisnis food truck biasanya terkendala dengan lahan atau lapak berjualan. Sebenarnya, kalian bisa berjualan di halaman rumah, area food court umum, atau berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, jika lapak terbatas, maka ajukan lah kerjasama dengan pihak yang memiliki lapak yang ramai dan potensial. Misalnya, ada banyak mini market yang semakin menjamur dan memiliki lahan halaman luas untuk berbagai tenant makanan. Kalian bisa mengajukan kerjasama ke tim manajemen minimarket tersebut, kemudian mulai lah berjualan di sana. Jangan lupa untuk pilih lokasi strategis, dan jual lah jenis makanan sesuai dengan target pasar dan konsumen.

Manfaatkan Promosi Medsos

Tips sukses dalam bisnis food truck yang terakhir adalah dengan memanfaatkan promosi yang ada di media sosial atau (medsos). Apapun bisnis yang kalian geluti, memaksimalkan akun medsos sangat penting di era digital saat ini. Baik itu di Twitter, Facebook, maupun Instagram. Kalian bisa membagikan informasi mengenai bisnis food truck, mulai dari menu makanan yang dijual, lokasi penjualan, promo yang menarik konsumen, dan lain sebagainya.

Jangan lupa sertakan foto tampilan food truck beserta makanannya yang keren dan menarik. Untuk menarik banyak pengikut, sebarkan akun medsos bisnis food truck ke semua rekan dan orang terdekat kalian untuk saling membagikan informasinya melalui akun medsos mereka. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan fitur pemasangan iklan digital berbayar di media sosial tersebut.

Menjalankan bisnis food truck dan bisnis apapun pasti memiliki tantangan tersendiri dalam mengembangkannya. Sebelum memulai, memang sudah seharusnya kalian mengetahui tips sukses dalam bisnis food truck dan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuka bisnis food truck. Yuk, baca informasi lengkapnya di link artikel berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/sukses-bisnis-food-truck/

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *