Blogging

Tutorial Download Gambar di Shutterstock Enggak Mahal dan Anti Ribet

20

bismillahirrahmanirrahim,

Sebagai bloger, tentunya selain tulisan, foto dan infografis juga mempunyai peran yang enggak kalah penting untuk membuat sebuat blog post jadi semakin menarik. Sayangnya, terkadang kita enggak terlalu banyak memiliki stok foto yang untuk menghiasi setiap tulisan.

Inilah pentingnya peranan website penyedia foto. Tentunya sudah pada kenal dong dengan Shutterstock. Website yang satu ini memang rasanya memiliki stock foto paling lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan bloger untuk memberikan ilustrasi di tulisan-tulisan yang dipublishednya. Image dan vektor premium yang disediakan di Shutterstock memang merupakan kualitas gambar terbaik. Ayo, siapa yang suka mupeng sama gambar-gambar yang disediakan di Shutterstock? Aku mupeng berat setiap kali melihat gambar yang gemes.

Hanya saja kendala untuk membeli gambar di Shutterstock adalah harus menggunakan kartu kredit. Tidak semua orang memiliki kartu kredit. Kalau pun punya, tidak sedikit yang merasa khawatir bila menggunakannya untuk bertransaksi secara online. Ada yang merasa senasib sama aku seperti ini, ingin beli gambar dari Shutterstock tapi enggan menggunakan kartu kredit?

Tenang, ternyata ada cara yang mudah, enggak ribet, enggak perlu pakai kartu kredit untuk bisa beli image di Shutterstock lho. Penasaran seperti apa? Lanjutin dulu dong bacanya sampai selesai.

DL IDCopy Solusi Beli Paket Foto di Shutterstock Tanpa Kartu Kredit

Kenalan dulu yuk sama DL IDCopy. Ini adalah layanan website untuk download photo stock yang mempermudah desain. Cara pertama, kamu kunjungi dulu websitenya di: https://dl.idcopy.biz. Saat kamu masuk kamu akan disambut dengan tampilan seperti ini:

Karena aku belum memiliki akun, yuk kita bikin dulu akun baru. Caranya, tinggal klik “Daftar Sekarang”. Nantinya tampilan akan berubah menjadi formulir seperti berikut ini:

Saatnya mengisi data-data kita, seperti alamat email, nomor handphone serta password dan mengulangi password. Oh iya, untuk alamat email direkomendasikan menggunakan email yang cukup populer, seperti gmail, yahoo, atau outlook. Aku yakin kok, kita semua pasti memiliki alamat email dari alamat-alamat tersebut. Yuk, mari mulai mengisi data. Sebelum mengklik tombol REGISTER, pastikan kembali data-data yang dimasukkan sudah benar atau belum ya.

Sudah berhasil nih. Tinggal dilihat ke email yang kita daftarkan. Apakah sudah ada email verifikasi yang masuk? Hmmm aku sempat bingung, kok belum ada email verifikasinya. Jangan panik dulu, siapa tahu emailnya nyasar ke spam. Dan ternyata  benar saja, email aku nyasar.

Karena emailnya sudah ketemu. Tinggal klik dibagian “Klik di sini”. Kamu akan dibawa masuk kembali ke halaman DL IDCopy. Ssst… Cek kembali email kamu, ada kupon spesial dikirimkan ke email kamu berupa diskon 50% untuk pembelian pertama kamu. Asik!

Sekarang, mari kembali ke “Halaman Login” untuk memulai pencarian gambar untuk kita beli. Saatnya kita Login.

Setelah Login, kamu akan disambut dengan Terms of Use terlebih dahulu. Ada baiknya kamu membaca dulu setiap poin yang ada. Salah satu yang harus diperhatikan adalah jika kode voucher dan masa berlaku download sudah expired, kita tidak bisa meminta admin untuk mengganti kerugian.  Jika sudah paham setuju, saatnya klik tombol “saya membaca dan setuju”.

Tadi aku sudah bercerita kan di awal kalau lewat DL IDCopy ini kita jadi enggak perlu lagi bertransaksi menggunakan kartu kredit untuk membeli image kan? Lewat DL IDCopy kita bisa membayar melalui rekening BCA atau Mandiri. Tentunya ini jadi terasa lebih aman. Apalagi harga yang ditawarkan juga enggak mahal kok. Coba intip Paket Download di DL IDCopy ini deh.

Kita tinggal pilih paket sesuai dengan kebutuhan kita. Bila hanya butuh 5 gambar, bisa memilih paket dengan harga Rp 112.500.  Jangan lupa untuk memperhatikan masa aktif setiap paket yang kita pilih ya. Seperti untuk Paket Kustom 5 gambar, maka masa aktif untuk kita gunakan adalah 5 + 60 hari, sehingga totalnya masa aktif adalah 65 hari.

Kebetulan aku cuma lagi butuh 2 foto saja. Jadi aku masukan angka 2 pada kolom angka gambar. Muncul deh berapa biaya dan masa aktifnya. Untuk kedua gambar yang rencananya mau aku beli dengan masa aktif 2+1 hari totalnya adalah Rp 72.000. Merasa mahal? Tenang dulu, karena aku akan memakai kode kupon SSDIANRAVI. Sebelum mulai bertransaksi pastikan untuk memasukkan kode kupon yang akan digunakan terlebih dahulu ya.

Nah betul kan, harganya jadi jauh lebih murah. Rp 14.000 untuk 2 gambar dengan masa aktif 2+1 hari. Ada tambahan Rp 169 untuk kode unik. Jangan sampai lupa dan salah untuk memasukkan kode unik iniya. Mari lanjutkan transaksi.

Ada dua pilihan rekening, yaitu BCA dan Mandiri. Harus diperhatikan, pembayaran otomatis ini hanya berlaku bagi kamu yang punya rekening BCA atau Mandiri saja. Jika ingin melakukan pembayaran dari rekening bank lain, kamu bisa meminta bantuan CS. Klik saja tombol logo WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah.

Usai melakukan transaksi, kamu akan menerima kode voucher yang bisa kamu lihat di menu Voucher atau di Riwayat Pembelian, yang ada sebelah kiri website. Harus sedikit agak bersabar sih untuk menerima kode voucher ini, karena perkiraan waktunya sekitar 15 menit hingga 6 jam. Tapi ternyata aku enggak perlu menunggu sampai 15 menit sudah mendapatkan kode voucher ini.

Yuk, saatnya kita reedem voucher. Copy kode voucher yang akan digunakan, klik tombol Gunakan Voucher. Merasa tidak ada perubahan? Hei, coba perhatikan di bagian pojok kiri atas web,di sana sudah tertra keterangan ada 2 jatah mendownload gambar dengan masa waktu 1 hari 23 jam. Kalau sudah begini, menu Home.

Berdasarkan keterangan yang ada di Home, cara untuk mendownload gambar tidaklah susah. Kamu hanya perlu memasukkan ID (hanya untuk angka) atau url gambar Shutterstock yang diinginkan. Untuk mencari gambar-gambar yang diinginkan kamu bisa mencarinya dari website Shutterstock langsung ya. Nanti copy saja angka ID gambar yang diinginkan. Kamu bisa memasukkan sampai dengan 15 ID sekaligus, untuk per ID dibuat per baris ya. Bila sudah, klik Prantinjau, maka gambar yang kamu inginkan akan muncul dalam bentuk tumbnail.

Sudah? Tentu belum. Satu langkah terakhir sebelum kamu memiliki gambar ini, yaitu Download Sekarang. And voila, gambar imut dengan tema traveling ini akhirnya bisa aku miliki. Jadi, kalau kamu butuh download foto shutterstock murah, enggak perlu bingung lagi jadinya, tinggal bisa beli langsung di website DL IDCopy. Bukan cuma harganya murah dan enggak ribet, kamu bisa mendapatkan stok foto gratis setiap harinya. Kamu bisa menemukan Gambar Pilihan Hari Ini yang dapat diunduh gratis. Resolusinya tetap  asli dari Shutterstock. Jangan lupa untuk mengintip website DL IDCopy setiap harinya ya, siapa tahu ada gambar yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Ayo, tunggu apa lagi? Buruan bikin akun di DL IDCopy. Barusan aku intip email, setelah transaksi pertama aku ternyata aku dapat kupon diskon lagi nih.

11 thoughts on “Tutorial Download Gambar di Shutterstock Enggak Mahal dan Anti Ribet”

  1. Aku dari dulu maju mundur mau beli gambar di shutterstock ini. Ribet pake kartu kredit. Loh sekarang malah bisa transfer ya,…mana diskonnya menggoda lagi 🙂

  2. Oh, jadi IDL Copy ini semacam perantara yang menghubungkan shutterstock dengan pembeli foto – fotonya yang membayar pakai kartu debit ya, Mbak?
    Kapan – kapan saya coba ah. Thank you for sharing 🙂

  3. Duh makasih banyak teteeeh, kalau ga baca ini selamanya aku ga bakal bisa akses shuttle karena selama ini nganggepnya susah dan ribet 🙁 apalagi foto2 di sana kualitasnya bagus2 eeey

  4. Alhamdulillah dapat solusi, saya sudah lama nih cari cara untuk bisa dapat menggunakan Shutterstock, sering tanya sana sini cuma disuruh ikutin tutorial yang ada, dan saya tetep ga paham.
    Nanti mau coba tipsnya ini ah buat cari stok foto di artikel saya selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *