Jakarta Fair 2018
Event

Jakarta Fair 2018 Kembali Hadir. Jangan Lewatkan untuk Menikmati 11 Aktivitas Seru Berikut Ini!

Bismillahirrahmanirrahim,

Jakarta Fair 2018

Senang sekali, tahun 2018 ini akhirnya sampai juga di bulan Juni. Bulan kesayangan aku. Bukan saja karena aku akan bertambah usia di bulan ini, tapi juga karena Jakarta pun akan bertambah usia. Bertambah usianya ibukota sudah pasti akan selalu disambut dengan perayaan, Jakarta Fair 2018 adalah salah satunya.

Jakarta Fair 2018 ini sudah mulai berlangsung dari 23 Mei 2018 dan akan berakhir di 1 Juli 2018. Iya, sudah 3 tahun berturut-turut Jakarta Fair atau yang dulunya lebih dikenal dengan nama Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang awalnya berlangsung sepekan, sebulan, kini menjadi 40 hari. Itu juga alasan kenapa sekarang ini Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung di Kemayoran, membranding nama dengan Jakarta Fair. Karena acaranya sudah tidak sepekan lagi.

Sejarah Pekan Raya Jakarta

Ngintip sedikit dari Wikipedia, Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Pekan Raya Jakarta pertama kali digelar di kawasan Monas pada 5 Juni hingga 20 Juli 1968. Presiden Soeharto membuka PRJ 1968 dengan melepas merpati pos.

Dari tahun ke tahun, Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair ini mengalami pertambahan pengunjung dan peserta. Dari yang awalnya berkonsep sekedar pasar malam, kini menjadi ajang pameran modern yang menampilkan berbagai produk. Lokasi pun berpindah. Dari yang awalnya berada di kawasan Monas, semenjak 1992, PRJ dipindah ke Kawasan Kemayoran dan menempati area seluas 44 hektare.

Kalau itu tadi sejarah Pekan Raya Jakarta, sejarah aku sendiri bermain ke PRJ baru dimulai sejak 2009. Awalnya karena Mas Metra ingin membeli sepeda lipat. Tapi sejak itu, hampir setiap tahunnya mengunjungi Pekan Raya Jakarta seolah menjadi agenda wajib bagi aku dan Mas Metra. Tak terkecuali insya Allah di Jakarta Fair 2018 ini.

Meski di akhir bulan Mei lalu, aku dan beberapa teman blogger sudah sempat mengunjungi Jakarta Fair 2018, tapi tetap saja aku akan kembali lagi ke Jakarta Fair 2018 bersama Mas Metra usai libur lebaran nanti. Ada banyak alasan untuk berkunjung ke Jakarta Fair 2018. Ada banyak keseruan di tempat ini yang rasanya rugi kalau enggak berkunjung ke Jakarta Fair setiap tahunnya bersama orang tersayang.

Unduh Aplikasi Jakarta Fair Sebelum ke Jakarta Fair 2018

Sebelum mengunjungi Jakarta Fair 2018, selain menyiapkan budget dan pakaian nyaman, ada baiknya mengunduh aplikasi Jakarta Fair terlebih dahulu di smarthphone kita. Agar apa? Tentunya agar menikmati Jakarta Fair 2018 jadi lebih seru dan bebas galau. Karena ada banyak keuntungan yang bisa kita nikmati lewat aplikasi Jakrta Fair, diantaranya:

  • Promo khusus dan diskon e-voucher
  • Info terbaru dari Jakrata Fair 2018 serta jadwal konsel
  • Peta Jakarta Fair 2018
  • Pengumuman grand prize dan Undian Kejutan Lebaran

Mengunduh aplikasi Jakarta Fair ini pun sudah pasti cukup mudah. Karena kita cukup download dari smartphone yang kita miliki, baik itu android ataupun iOs. Iya, semudah itu persiapan ke Jakarta Fair 2018. Enggak bikin galau.

11 Aktivitas Seru di Jakarta Fair 2018

Have I told you kalau ada banyak alasan untuk main ke Jakarta Fair? Iya, seru. Karena di Jakarta Fair menawararkan banyak aktivitas  seru yang rasanya sayang banget untuk dilewatkan. Apalagi event ini hanya ada satu tahun sekali. Kok rasanya rugi kalau enggak ke Jakarta Fair. Apalagi kalau ngakunya warga Jakarta dan belum pernah ke Jakarta Fair. Duh… are you sure you’re Jakarta’s citizen?

Di Jakarta Fair 2018 mau ngapain aja? Simak dulu yuk list aku berikut ini. 11 Aktivitas seru yang bisa kalian lakukan saat di Jakarta Fair 2018.

1. Belanja, belanja, dan belanja

Jakarta Fair 2018

Pekan Raya Jakarta adalah tempat belanja yang paling seru menurut aku. Hampir segala ada. Sedang butuh apa sih? Pakaian lebaran? Ada. Handphone baru? Ada juga. Sepatu baru untuk dikenakan di hari raya nanti? Ada juga. Sarung bantal, peralatan kebutahan rumah tangga, ada di sini.

Jakarta Fair itu ibarat toko sagala aya menurut aku. Aku dan Mas Metra sendiri selama ini sudah pernah membeli sepeda lipat, motor, helm, kamera, serta jam tangan di Pekan Raya Jakarta. Serunya lagi belanja di Jakarta Fair itu rasanya seperti belanja hemat, karena ada banyak diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Salah satu booth favorit aku setiap tahunnya adalah Body Shop.

Tahun ini enggak usah takut bingung dengan bawa belanjaan yang super banyak. Karena tahun ini ada tenant yang membuka jasa penyewaan trolly. Praktis.

2. Main games di booth-booth

Jakarta Fair 2018

Kalau ditanya bedanya apa belanja di toko biasa dengan belanja di Jakarta Fair, ya ini. Games! Aku selalu dibuat kagum dengan cara tenant menarik minat pengunjung. Bukan hanya booth didesain secantik mungkin, tapi juga ada games untuk setiap pembelanjaan.

3. Jajan American Donut

Jakarta Fair 2018

American Donut adalah toko donut pertama di Indonesia. Selain itu ini adalah tenant yang tidak pernah absen mengisi acara di Pekan Raya Jakarta. Tahun ini sudah ke-51 kalinya American Donut hadir di Pekan Raya Jakarta. Dan buat aku, ini semacam obat rindu, karena hanya ada di sini.

4. Kulineran di Area Kampung Betawi

Jakarta Fair 2018

Namanya juga event dalam rangka ulang tahun Jakarta, tak lengkap bila tidak mencicipi kulineran ala Betawi. Soto Betawi, Toge Goreng, Bubur Ase, Selendang Mayang, dan pastinya Kerak Telor akan dengan mudah ditemukan di Pekan Raya Jakarta.

Bukan hanya kulineran Betawi yang disuguhkan di Pekan Raya Jakarta, tapi beragam kesenian budaya Betawi pun akan dipertontonkan selama satu bulan penuh di sini. Dengan begini, selain bersenang-senang, kita juga jadi punya kesempatan untuk belajar mengenal kesenian Betawi seperti lenong, tanjidor, gambang kromo, serta kesenian budaya Betawi lainnya.

5. Wisata Kuliner Bali

Jakarta Fair 2018

Tahun ini kita bukan hanya akan bisa menikmati kuliner Betawi saja, tapi juga kuliner Bali. Lokasinya ada di belakang Hall D, dan didesain dengan konsep yang akan membawa kita seolah tengah berada di pulau Dewata. Rindu akan makanan Bali apa? Bebek Bali, Nasi Matah, sate lilit, nasi pedas, semua tersedia di Jakarta Fair 2018.

6. Rumah Hantu Riana

Jakarta Fair 2018

Pic source IG: @realscreamin

Setiap tahun Pekan Raya Jakarta selalu membuat rumah hantu yang spektakuler. Tahun ini temanya adalah Rumah Hantu Riana. Tahu dong siapa itu Riana. Pemenang Asia’s Got Talent 2017 ini akan hadir dan menghibur bagi pengunjung Jakarta Fair yang berani. Kalian berani enggak? Aku kok rasanya penasaran ya.

7. Pasar Malam

Jakarta Fair 2018

Picture source IG @pasarmalamid

Pasar Malam PRJ hadir kembali tahun ini. Sudah pasti dengan pilihan makanan kekinian yang beragam serta spot-spot berfoto yang instagramable dong. Sebagaimana tagline mereka: mamam- main- motret.

Buat aku Pasar Malam PRJ ini salah satu yang enggak boleh dilewati. Walaupun aku suka galau menentukan mau apa saja, tapi melewatkan makanan kekinian yang instagramable adalah hal yang tak bisa aku lewati. Tahun lalu saja, tempat ini paling viral dari Pekan Raya Jakarta.

8. Menonton Grup Band kesayangan

Jakarta Fair 2018

Jakarta Fair selalu bertabur artis dan band-band papan atas setiap harinya. Lokasinya ada di Panggung Utama. Lihat dulu jadwal konser Jakarta Fair 2018 sebelum berkunjung. Biar sekalian puas menikmati PRJ dari buka hingga tutup.

Tahun lalu untuk pertama kalinya aku nonton Sheila on 7 di Pekan Raya Jakarta. Dan tahun ini pun aku sudah kembali berencana untuk kembali lagi di hari penutupan Jakarta Fair 2018, 1 Juli 2018, dimana Sheila on 7 akan kembali manggung untuk kedua kalinya tahun ini.

9. Makan di Expo Resto sambil nonton konser

Jakarta Fair 2018

Jakarta Fair 2018

Satu lagi tempat makan yang enggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta Fair: Expo Resto. Expo Resto ini tuan rumah di kawasan Jakarta International Expo. Masa iya, kita sedang berkunjung di kawasan ini tapi enggak bertamu ke tuan rumahnya. Apalagi jika si tuan rumah menyajikan makanan yang enak, kekinian, dan terjangkau.

Ingin makan apa sih? Ayam geprek, ayam kremes, nasi hainan, sate? Semua ada di sini. Harga yang dibandrol pun sektiar 30.000-an. Kenyang dan enggak bikin kantong jebol pastinya.

Yang bikin tambah asik makan di Expo Resto itu karena lokasinya yang menghadap langsung ke panggung utama. Kalau enggak mau capek-capek berdesak-desakan dan berdiri saat nonton konser, menikmati santapan di Expo Resto menjadi pilihan yang akan kurekomendasikan.

10. Dunia Pesta Bola 2018

Jakarta Fair 2018

Ini dia yang mungkin hanya akan ada di Jakarta Fair 2018: Dunia Pesta Bola 2018. Mulai 14 Juni 2018 nanti kita sama-sama tahu kalau Piala Dunia akan segera berlangsung. Jakarta Fair tak ingin ketinggalan untuk turut memeriahkan Piala Dunia dengan mengadakan acara nonton bareng Piala Dunia. Jadwalnya sudah tentu sesuai dengan jadwal pertandingan yang ada dong.

11. Belanja snack Rp 10.000

Jakarta Fair 2018

Sebelum pulang, yuk jangan lupa jajan aneka snack yang banyak sekali ditawarkan di Jakarta Fair untuk oleh-oleh. Jajanan snack ini umumnya dijual serba Rp 10.000-an dan sudah dikemas yang manis. Pilihan tepat untuk oleh-oleh buat keponakan, anak-anak tetangga, atau buat diri sendiri.

Info Seputar Jakarta Fair 2018

Itu tadi 11 aktivitas seru yang bisa kita lakukan saat mengunjungi Jakarta Fair 2018. Sebeanrnya masih banyak hal seru lainnya di Pekan Raya Jakarta, seperti menonton carnaval, tempat main anak, juga memperbanyak stok foto untuk Instagram. Karena memang banyak spot cantik yang instagramable. Aku hanya menyebutkan 11 agar kalian ke sana dan menambahkan lagi list-nya.

Jakarta Fair 2018

Rute TransJakarta Menuju Jakarta Fair

Sudah tahu apa yang akan dilakukan di sana, gimana dengan cara menuju Jakarta Fair 2018? Sebagaimana banyak jalan menuju Roma, ada banyak pilihan kendaraan juga untuk bisa ke mencapai Jakarta Fair 2018. Selain menggunakan kendaraan pribadi, TransJakarta siap mengantarkan kita menuju Jakarta Fair 2018.

Ada 4 rute Transjakarta menuju Jakarta Fair, yaitu dari Monas, PGC, Kampung Melayu, serta Pulo Gadung. Jam operasionalnya mengikuti jam operasional Jakarta Fair 2018, yaitu mulai pukul 15.00 hingga 23.00 pada hari kerja, dan pukul 09.00 hingga 23.00 pada hari libur.

Jam Buka Jakarta Fair 2018

Seperti yang sudah aku ceritakan di awal, Jakarta Fair 2018 ini berlangsung dari 23 Mei 2018 – 1 Juli 2018. Senin hingga kamis dibuka mulai pukul 15.30 – 22.00, pada hari Jumat Pekan Raya Jakarta akan tutup lebih malam, yakni 15.30 – 23.00, sementara di akhir pekan juga hari libur nasional, jadwal buka akan lebih pagi, yaitu 10.00 – 23.00.

Mau menikmati libur lebaran dengan mengunjungi Jakarta Fair 2018? Enggak usah ragu, karena Jakarta Fair tetap akan ada di hari libur lebaran dengan jadwal sebagai berikut:

11- 13 Juni 2018: 10.00 – 23.00

14 Juni 2018: 10.00 – 18.00

15 Juni 2018: 14.00 – 23.00

16 – 20 Juni 2018: 10.00 – 23.00

Sudah siap untuk berkunjung ke Jakarta Fair 2018? Yuk, jangan sampai terlewat. Siapkan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Selain itu, jangan lupa untuk tetap waspada menjaga barang bawaan. Selamat bersenang-senang di Jakarta Fair 2018.

 

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

You may also like...

1 Comment

  1. Sudah lama gak ke Jakarta Fair nih. hehehe.

    Serunya di Jakarta Fair emang snack2 murah itu tuh. Sama kerak telor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *