Mengenal Dzulhijjah dan Amalan-Amalannya

Bismillahirohmanirohim,

Tinggal hitungan jam, tanggalan Islam akan berganti ke bulan baru, bulan Dzulhijjah. Ini adalah bulan keduabelas, bulan terakhir dalam penanggalan hijriyah. Mulai hari ini, di dianravi.com akan punya kategori baru, yaitu Islam Inspiration. Sebenarnya keinginan untuk menulis tentang Islam sudah terbersit dari setahun lalu, namun keinginan untuk sok mempertahankan niche blog tema “traveling” membuat aku maju mundur, belum lagi ada rasa malu karena merasa ilmu agamaku pun masih sangat kurang.

Beberapa bulan terakhir niche blogku mulai semakin gado-gado, alih-alih fokus di tema traveling, aku malah mulai memasang title diri sebagai “life style blogger” biar terkesan keren. Padahal sih, akibat campur aduknya isi blog aku. Ada seorang teman yang menyarankan untuk bikin blog baru aja, masing-masing satu tema. Tapi, duh yaaaa kok sepertinya itu malah akan membuat blog aku enggak kepegang. Jadi, biarlah isi blog ini gado-gado, toh kenyataannya tukang gado-gado dekat rumahku laris manis, telat sedikit aja kalau siang sudah habis dagangannya.

Jadi, setelah menambah life style blogger, aku pikir ah sekalian saja mulai menulis soal Islam. Salah satu yang membuat aku semakin mantap adalah karena ikut  ODOP yang diadakan oleh Blogger Muslimah. Berkenalan dengan teman-teman blogger baru yang rajin menulis soal agama sukses menambah kuat keinginan aku.

Baca juga: Menulis Rutin Tiap Hari Aku Tidak Takut, Kamu?

Ilmu agama aku memang masih kurang. Tapi kategori ini insya Allah mau aku jadi pacuan agar aku bisa terus belajar dan belajar. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang terus menambah ilmu? Semoga ya.

Tidaklah ada hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh Allah dari hari-hari tersebut (yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).

-H.R. Bukhari

Mengawali tulisan pertama di Islam Inspiration ini, aku ingin menulis tentang bulan Dzulhijjah yang insya Allah tanggal 1-nya jatuh pada tanggal 23 Agustus 2017, besok. Dalam bahasa Arab, Dzulhijjah terdiri dari dua kata, yaitu: dzul yang berarti pemilik, dan Al-Hijjah yang artinya haji. Dinamakan Dzulhijjah dikarenakan bangsa Arab sudah melakukan ibadah haji di bulan ini sejak jaman Nabi Ibrahim ‘alaihissallam.

Bulan Dzulhijjah memang memikili keistimewaan yang enggak kalah dari bulan Ramdhan. Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa amalan pada setiap hari di awal bulan Dzulhijjah sama dengan amalan selama satu tahun. Ada juga yang mengatakan sama juga dengan 1000 hari.

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

Hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma

Ada 6 amalan utama di awal bulan Dzulhijjah ini:

Puasa

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya

Disunnahkan untuk umat muslim berpuasa dari tanggal 1 hinggal 9 Dzhulhijjah.

Perbanyak tahmid, tahlil, takbir, dan dzikir

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.

Banyak beramal shalih

Seperti yang sudah disebutkan dalam hadist Ibnu ‘Abbas, dianjurkan untuk memperbanyak beramal shalih, seperti shalat, bersedekah, membaca Al Quran, dan beramal ma’ruf nahi mungkar.

Taubat

Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi no. 3540. Abu Isa mengatakan bahwa hadits ini ghorib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Kurban

“Diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu ‘anhu bahwasanya dia berkata, “Saya menghadiri shalat idul-Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadanya seekor kambing. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan nama Allah. Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang belum menyembelih di kalangan umatku

Haji dan Umroh

Sebagaimana arti dari nama Dzulhijjah sendiri, amalan yang paling afdol dilakukan bulan ini ya ibadah haji, bagi yang mampu. Lagi-lagi aku mengingatkan diri sendiri ada baiknya untuk memulai buka tabungan haji.

Itu tadi 6 amalan yang bisa kita lakukan 10 hari di bulan Dzulhijjah ini. Sebenarnya sih semua amalan-amalan itu alangkah lebih baik jika dilakukan terus menerus, tidak terpentok hanya di hari-hari tertentu. Sebagaimana tertulis dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 148:

…maka berlomba-lombalah kalian dalam berbuat kebaikan…

 

Sumber : https://rumaysho.com/1372-6-amalan-utama-di-awal-dzulhijah.html

Sumber : https://rumaysho.com/1083-melebur-dosa-dengan-taubat-yang-tulus.html

Sumber: https://muslimah.or.id/4382-hadits-tentang-qurban-nabi-muhammad-shallallahu-alaihi-wa-sallam.html

#BloggerMuslimahIndonesia #ODOP #Day22

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *