indonesia Jawa Barat Traveling

5 Destinasi Wisata di Lembang untuk Keluarga

bismillahirrahmanirrahim, 

Libur lebaran memang sudah usai. Tapi sebentar lagi liburan sekolah akan segera dimulai. Eh apa malah sudah dimulai? Hmmm…. Biasanya bingung antara ingin menyenangkan anak-anak mengajaknya berlibur tapi kok izin cuti agak sulit karena baru juga libur. Nah lho?!

Solusi yang paling mudah adalah memanfaatkan akhir pekan dengan liburan ke tempat-tempat yang enggak terlalu jauh dengan domisili kita. Buat yang tinggal di Jakarta seperti aku, mungkin bisa menikmati udara sejuknya Lembang dengan menginap di vila Lembang.

Kenapa Lembang? Karena menurut Wikipedia, kecamatan yang berada di Bandung Barat ini berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C. Terasa sejuk bahkan dingin. Cocok buat kita yang sudah bosan dengan panasnya ibukota di bulan Juni seperti saat ini.

5 Destinasi Wisata di Lembang untuk Keluarga

Ketika Bandung terasa semakin padat dan mulai agak-agak panas, menurut aku Lembang ini masih menjadi tempat yang nyaman sebagai tempat liburan. Apalagi cukup banyak tempat wisata keluarga yang terletak di Lembang.

Dusun Bambu

Dusun Bambu terletak di Jl Kol Masturi KM 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Sesuai namanya Dusun Bambu Family Leisure Park, tempat ini menawarkan fasilitas wisata alam yang menarik dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Mulai dari Lutung Kasarung, sebuah cafe yang didesain unik dengan seolah bergelantung di antara pepohonan, Pasar Khatulistiwa yang memanjakan perut dengan aneka kuliner khususnya Jawa Barat, juga berbagai aktivitas outdoor untuk bermain anak di Balad Lodaya yang menawakan permainan lokal.

Farm House

Tempat wisata yang satu ini memiliki suasana yang biasa dibilang mirip dengan di Eropa. Farm House selain menunjukan suasa pertanian ala Eropa, juga ada rumah Hobit yang mengingatkan kita pada suasan New Zeland.

Farm House cocok untuk seluruh anggota keluarga, saat anak-anak bisa puas berlarian di area kebun dan berinteraksi dengan memberikan makanan pada hewan, orang dewasa bisa duduk santai, berfoto, sambil menikmati susu segar yang didapatkan dengan cara menukar tiket masuk.

Orchid Forest

Ini adalah salah satu tempat hits di Bandung, Orchid Forrest Cikole. Merupakan tempat wisata sekaligus budidaya anggrek yang keren banget. Di sini terdapat banyak menawarkan tempat berfoto yang cantik. Selain terdapat berbagai koleksi anggrek yang indah, di tempat ini terkenal juga dengan jembatan gantungnya. Koleksi anggrek yang dimiliki oleh Orchid Forrest Cikole termasuk yang terbesar di Indonesia.

Tangkuban Perahu

Tak lengkap rasanya jika berwisata di Lembang tapi tidak mendatangi objek wisata Tangkuban Perahu. Pemandangan yang disuguhkan Tangkuban Perahu mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya.

Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2 Km dibawahnya dinamakan Kawah Domas, di kawah ini kita dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya.

Maribaya Natural Hot Spring

Maribaya sudah jauh berubah. Dibawah management yang baru, tempat ini direnovasi dan berubah nama menjadi Maribaya resort and spa. Bersama keluarga menikmati berendam air panas alami jadi semakin asik di tempat ini. Ada beberapa kolam air panas yang bisa dipilih.

Selain berendam air panas, ada juga area bermain anak. Anak-anak bisa berlarian bebas, sambil memberi makan kelinci.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi tempat wisata keluarga yang berada di Lembang. Selain rekomendasi di atas, masih banyak lagi tempat wisata lainnya di Bandung Barat ini, seperti Floating Market, Kebun Bunga Begonia, De Ranch, dan lainnya.

Tips bila berkunjung ke Lembang, susun itinerary terlebih dahulu. Pilih tempat-tempat wisata yang tidak berjauhan untuk menghemat waktu. Mengingat suhu udara di Lembang cukup dingin, jangan lupa siapkan baju hangat. Selamat menikmati liburan!

12 thoughts on “5 Destinasi Wisata di Lembang untuk Keluarga”

  1. Di Lembang jadi salahsatu wisata yg harus dikunjungin saat singgah ke Bandung nih, teh. Kebayang kalau suhu normal di Lembang antara 17 derajat sampai 27 derajat, saat musim dingin seperti ini bisa mencapai berapa nih suhunya, huwahhh dingin pasti ehehehee.
    di desa aku 19 derajat aja udah gembigil hhehehee
    Fotonya cakep2 tehh, semoga bisa main ke Lembang dan mencoba aneka wisata di sana hehehheehe
    TFS teh ^_^

  2. Aku terakhir ke Lembang hmmm tahun 2009 wkwkk dan pas itu kyknya gak ada itu obyek2 wisata eh atau aku yg kudet yaaa
    Moga tahun ini bisa nih ke Lembang. Tengkyu rekomendasi tempat2 atau destinasi wisatanya mbak.

  3. Dari list diatas tinggal maribaya nih yang belum aku kunjungi, dan yg belum kesampean juga adalah camping di lembang hiks.
    Iiihh .. cucok banget pas ke dusun bambu lagi musim semi, sakuranya mekar,, hihii

  4. Tangkuban Perahunya di foto dari mana itu teh…angle nya bagus bangeett…
    Aku ke Tangkuban bingung mau ngapain…karena sudah pernah hiking ngelilingi Tangkuban.
    Eiih, sombong~

  5. Semua yang di sebut itu gak asing ya mbak, terkenal banget juga sampe ke kalimantan. Paling pengen itu yg no 1. Keren banget uda kaya signature spot fotonya

  6. Bahwa sesungguhnya sebagai orang Bandung asli, ti jaman baheula aku males ke Lembang karena macet pisan wkwkw. Semoga segera ada pesawat atau kereta ke Lembang haha

  7. Terima kasih tips liburannya kakak cantik yang galau

    Dari 5 tempat wisata di atas, Maribaya itu lagi happening sih. Tapi, yang ada jembatan gantungnya lebih menggoda untuk dikunjungi. Tuh kan, aku ikutan galau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *