Suguhkan Gaya Hidup Halal di Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019, Pameran Industri Syariah dan Halal Terbesar

bismillahirrahmanirrahim,

“Hey, kita ke ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019, yuk!”

Sabtu sore ini terasa istimewa bagiku. Setelah sekian lama tak bertemu dengan sepupu dan salah seorang sahabatku di waktu kuliah, hari ini kami kembali berkumpul kembali. Alhamdulillah. Meskipun meski sedikit mengubah lokasi pertemuan karena anak kedua dari sahabatku mendadak sakit.

“Di Cibubur saja ya. Biar aku gampang ke rumah sakit kalau kenapa-napa,” begitu pesannya kemarin sore. Dan benar saja. Sabtu pagi dia mengabarkan kalau anaknya harus dilarikan ke dokter karena panas yang tak berangsur turun. Sementara sepupuku sudah jalan dari Bandung bersama keluarga kecilnya. Tak apa, kami tetap jadi bertemu bertiga, meski tak bisa terlalu lama, hanya sambil menanti hasil laboraturium.

Halal is a must. Not just what we eat, but also what we where and what we love.

Masya Allah, alhamdulillah aku dikeliling teman-teman dan keluarga yang baik dan senantiasa mengingatkan akan kebaikan. Sementara anak-anak yang besar asik bermain ditemani para suami, kami para istri bernostalgia sambil membahas soal produk-produk halal.

Biar bagaimapun sebagai umat muslim menjadikan halal sebagai gaya hidupnya sudah tentu sebuah kewajiban. Halal bukanlah semata-mata soal makanan dan minuman saja, tapi halal mencakup lebih dari pada itu. Seperti pakaian, kosmetik, dan segala hal dalam keseharian. Sayangnya belum banyak umat muslim di Indonesia menjalankan sepenuhnya halal lifestyle.

Padahal sekarang ini halal tak lagi sebatas untuk umat Islam saja. Dengan dimasukannya nilai-nilai Islam ke dalam praktik bisnis, halal telah menjadi tren dunia sekaligus gaya hidup masyarakat (halal lifestyle)Aku mulai merasakannya dengan meningkatnya perkembangan ekonomi syariah dan industri halal dunia dari waktu ke waktu, salah satu yang aku rasanya adalahnya munculnya wisata halal, yang bukan cuma mengacu pada tournya tapi juga tempat wisatanya.

Baca juga: Wisata Halal Lombok

Tanpa disadari, gaya hidup halal ternyata berpengaruh pada perekonomian suatu negara. Sebagaimana yang disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, bahwa gaya hidup halal mampu secara nyata mendorong perekonomian nasional dan geliat dunia usaha.  “Halal lifestyle berlaku bagi berbagai pihak.” jelasnya.

Kalau begitu, tentunya sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia sudah pasti memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan industri halal dan syariah. Aku yakin kalian pasti berpikir demikan. Namun sayangnya, potensi tersebut belum diimbangi dengan prestasi yang baik di tingkat global.

Berdasarkan data dari Global Islamic Economy Report 2016/2017 dan 2017/2018, Indonesia menempati peringkat 10 dari 15 negara dalam bidang ekonomi syariah. Selain itu, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga tertinggal dari negara mayoritas non muslim seperti Thailand dan Australia. Sayang sekali bukan?

Suguhkan Gaya Hidup Halal di Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Pameran Industri Syariah & Halal

Pembicaraan kami berlanjut pada sebuah event yang menarik banget nih. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap industri halal dan membangun kesadaran menjalahkan gaya hidup halal, LIMA Event berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Indonesia (PULDAPII) dan Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran (YAPIAT) menyelenggarakan pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) 2019. Tujuannya adalah mengembangkan industri halal menjadi besar, menjadikan halal menjadi gaya hidup, dan hijrahnya umat Islam.

Pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap ini akan berlangsung di Jakarta Convention Centre, 30 Agustus sampai 1 September 2019. Akan ada 8 sektor produk-produk halal yang turut hadir di Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) 2019, sekolah berbasis islam, modest fashion, halal food, halal travel, sharia property,halal cosmetic, halal media dan startup berbasis syariah

Pameran ini merupakan salah satu bentuk kontribusi pengusaha muslim terhadap Indonesia yang sedang mempersiapkan sebagai tuan rumah ekonomi dan keuangan syariah tahun 2024. KPMI berupaya merespon semua insiatif sekaligus mengkaji kasus-kasus muamalah kontemporer, seperti fintech syariah, propertI syariah, kebab syariah, dan koperasi syariah. Belum lagi soal produk keuangan kontemporer seperti gopay, OVO, e-money  bagaimana tinjauan syariahnya sehingga umat tidak bingung.

Rachmat Surtanas Marpaung, Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

Para pengunjung Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 ini nantinya bukan hanya bisa melihat dan berbelanja produk-produk halal saja, tapi bisa juga mengikuti serangkaian seminar dan workshop bisnis antara  lain pelatihan ekspor, digital marketing, konseling bisnis tentang pengurusan legalitas usaha, sertifikat halal, HAKI, ISO dan sebagainya. Selain itu, lewat pameran ini diharapkan dapat memberikan peluang dan kesempatan yang luas bagi pengusaha yang ingin berkembang lewat forum bisnis, investor forum dan business matching dengan internasional buyers. Bagi para startup, bisa memanfaatkan kesempatan mengikuti ajang kompetisi social entrepreneurship. 

Bagi para muslimah seperti aku, bisa bergabung dalam kegiatan hijabbers gathering  yang akan mengupas tuntas soal karya dan kreativitas muslimah dalam menghidupkan gaya hidup halal. Apalagi saat ini bisnis busana muslim memiliki prospek yang sangat cerah. Hmm…. Kok aku jadi enggak sabar ya.

Lagi mencari pekerjaan karena merasa pekerjaan yang sekarang dirasa masih suka berbenturan dengan syariat Islam? Indonesia Muslim Lifestyle Festival juga kesempatan “Job fair” bagi pencari kerja yang ingin menimba karir dari sejumlah perusaan muslim. Sedangkan LPPOM MUI mengadakan Olimpiade Halal  bertajuk “Produk Halal Pilihan Generasi Millenial” yang rencananya akan diikuti oleh 2000 siswa SMA/sederajat se-Jakarta.

Bila kebetulan lagi mencari sekolah yang islami, lagi-lagi Indonesia Muslim Lifestyle Festival menjadi solusinya. Bagi para orang tua yang ingin mengenal lebih dalam tentang pendidikan Islam yang berorientasi global, PULDAPIA menghadirkan Islamic Education Fair yang menampilkan lebih dari 50 sekolah berbasis Islam. Pameran ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dalam pendidikan tinggi Islam yang kini berkembang dinamis untuk menjawab kebutuhan lapangan kerja yang lebih meluas lagi.

Untuk makanan dan minuman, ada Pusat Jajajanan Halal. Yang unik di sini, pengunjung  akan diperkenalkan profesi khusus untuk peracik makanan halal yang ternyata juga telah mendapatkan sertifikasi kompetensi food handler. Seluruh tenant yang terlibat di Pesta Jajanan Halal produknya telah memiliki sertifikasi Halal MUI atau sedang dalam proses finalisasi pengurusannya.

“Pameran ini menggabungkan konsep B to C dan B to B yang konfrehensif  langsung menyentuh segala aspek kehidupan muslim. Kami berharap insya Allah Indonesia Muslim Lifefest dapat menjadi ajang berbagai lini bisnis syariah berkumpul untuk bersama memajukan industry syariah Indonesia dan  bisa menjadi trend setter pameran industri halal di Indonesia,” ungkap Direktur Lima Armada Utama, Lia Indrasari.

Yuk Datang ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival

Gimana sudah siap untuk datang ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival yang akan berlangsung 30 Agustus sampai 1 September 2019 nanti? Aku dan Aya, insya Allah akan datang minggu depan. Bahkan aku lagi merayu Bunga untuk ke Jakarta lagi saja minggu depan biar kami bisa berkumpul bersama lagi, bareng di Indonesia Muslim Lifstyle Festival.

Kira-kira dari 8 sektor yang akan memeriahkan Indonesia Muslim Lifestyle Festival yang mana yang mana yang jadi incaran kalian? Bisa tebak aku mengincar apa? Ahayyy…. Benar banget! Aku mengincar halal food dan halal travel. Yang jawab itu, kalian tahu aku banget deh.

Oh iya, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000. Dengan harga tiket itu sudah bisa menikmati berbagai diskusi bisnis, kajian, dan mengikuti berbagai lomba. Tapi khusus hari Jumat, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk (gratis). Pameran ini berlangsung mulai pukul 09:00 sampai 21:00 wib.

Ada yang mau janjian bareng ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival sama aku? Sambil menanti dimulainya acara ini, boleh banget kepoin media sosial mereka di https://www.instagram.com/indonesiamuslimlifefest/ sambil lihat-lihat jadwal agar tidak terlewat.

dianravi

Dian Safitri, travel and lifestyle blogger muslimah yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Pecinta kopi dan makanan. IVF Surviver.

7 Comments

  1. Mauuu dong janjian ikutan. Penisirin tapi nggak punya temen kesana. Senang deh ada pameran kayak gini. Halal is a must, kereenn

  2. Janjian ikutan yaaaa. Penisirin tapi nggak punya temen kesana. Senang deh ada pameran kayak gini. Halal is a must, kereenn

  3. Janjian ikutan yaaaa. Penisirin tapi nggak punya temen kesana. Senang deh ada pameran kayak gini. Halal is a must, kereenn. Semoga semakin banyak event kayak gini, apalagi ada halal travel, whoaaa..

  4. Harus luangkan waktu nih buat datang ke muslim lifestyle festival, aku baca acaranya menarik semua, selain bisa belanja bisa jg ikut workshopnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *