bismillahirrahmanirrahim,

Sinar UVA dan UVB memang perlu diwaspadai. Setiap orang perlu mendapatkan perlindungan untuk melindunginya dari paparan sinar matahari. Hal ini karena dampak buruk yang diakibatkan dari sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar maupun memunculkan efek penuaan dini hingga kanker kulit. Salah satu cara mencegah dampak buruk yaitu dengan penggunaan sunblock atau sunscreen. Kedua produk ini memang ampuh untuk melindung kulit dari sinar matahari. Eittss tetapi tunggu dulu tau nggak perbedaan sunscreen dan sunblock.

Mengetahui perbedaan ini penting untuk mengetahui kita memakai produk yang mana. Perbdaan sunblock dan sunscreen yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Sunscreen merupakan lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Suncreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVBnya saja. Tetapi jangan salah sangka sekarang banyak juga loh sunscreen wajah yang bagis yang dibuat untuk mengangkal bahaya sinar UVA yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah. Sedangkan sunblock hampir semua bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Selain dari fungsinya, kandungan Sunblock atau sunscreen juga membedakan. Pada umumnya didalam sunscreen ada bahan kimia aktif aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV kekulit. Kandungan yang biasanya ada di sunscreen yakni octocrylene, mexoryl XL SPF dan PA. Sementara didalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidka udah terurau dibawa matahari.

Pemakaian sunblock dan sunscreen juga bisa diliat dari cara kerjannya. Jika sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk kedalam kulit dengan melakukan perlindungan diatas permukaan kulit. Dalam kedua produk ini juga berbeda sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

Pemakaian sunblock berbeda dengan sunscreen karena sunblock bisa langsung bekera sesaat setelah dioleskan pada kulit. Selain itu baik dari kedua produk yaitu sunblock dan sunscreen juga harus dioleskan kembali setiap 2-3 jam agar mendapatkan perlindungan yang maksimal. Nah, sekarang jadi tau dong perbedaan keduanya. Jadi lebih milih sunblock atau sunscreen ? Tetapi baik sunscreen atau sunblock sama sama memiliki fungsi yang mencegah efek buruk sinar UV.

Penggunaannya disesuaikan saja dengan aktivitas kalian misalnya jika kalian sering beraktivitas lama bahkan berjam jam dbawah paparan sinar matahari seperti olahraga diluar ruangan, panas panasan saat konser atau main kepantai. Bisa memilih sunblock karena efek perlindungannya bisa langsung dirasakan tanpa harus menunggu. Tekstur sunblock juga kental dan biasanya akan meninggalkan warna putih ketika dioleskan ke kulit karena didalamnya terdapat bahan-bahan yang dapat membangun lapisan diatas perlukaan kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Jika kamu memilih sunblock kamu bisa menggunakan produk dari nivea.co.id dengan berbagai macam sunblock dengan berbagai perlindungan SPFnya. Produknya seperti Nivea Sun Face Protec dan White Cream SPF 50, sunblock Nivea Daily Potection Sun lotion SPF 33P, sunblock Nivea Sun Protech dan Bronze spray SPF 20 dan Nivea Sun Protect Moisture Lotion SPF 50+ dan lain lain. Tetapi jika kamu orang yang lebih sering berada didalam ruangan dan memilih produk sunscreen bisa dengan Nivea Sun Protect dan White Oil Control Serum SPF50+ PA+++.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *